Home » » 7 Keuntungan Workshop dalam Dunia Kerja

7 Keuntungan Workshop dalam Dunia Kerja

Sering mendengar istilah workshop? Tahukah bedanya dengan seminar? Meski terlihat sama dimana ada banyak orang berkumpul dan pemberi materi, tetapi kedua istilah tersebut memiliki makna yang berbeda. Jumlah peserta dan durasinya juga tidak sama.  Dalam seminar, para peserta bersikap pasif dimana hanya mendengarkan. Sedangkan dalam sebuah workshop, peserta juga harus aktif dimana nanti ada sesi khusus pelatihan atau diskusi.

7 Keuntungan Workshop dalam Dunia Kerja

Bagaimana workshop bermanfaat bagi kemajuan karir Anda

Workshop seringkali diabaikan oleh para karyawan. Lokasi yang jauh dan durasi pelaksanaan bisa beberapa hari menjadi alasan mengapa mereka sering menolak tawaran keikutsertaan atau memanfaatkan masa cuti untuk mengikuti kegiatan tersebut.  padahal, ada banyak manfaat dari mengikuti workshop, terutama dalam dunia kerja, di antaranya:

1. Meningkatkan wawasan dan kemampuan

Dalam workshop, semua peserta diberi keleluasaan untuk aktif. Jika dibuat dengan metode diskusi, maka ada kesempatan bertukar pikiran dengan peserta lain. Selain meningkatkan kepercayaan diri dalam berpendapat, hal ini juga akan menambah wawasan dan memperoleh sudut pandang baru. Kemudian melalui sesi praktik secara langsung dari materi yang telah disampaikan juga akan bermanfaat pada pengembangkan skill atau kemampuan.

2. Bertemu dengan ahlinya

Pemiberi materi dalam workshop umumnya adalah para pakar profesional yang ahli dalam topik yang akan disampaikan. Jika Anda telah lama mengidolakan tokoh tertentu, maka mengikuti workshop bisa jadi kesempatan untuk bertemu dan belajar langsung dengan mereka. Hal ini tentu akan sangat berbeda dengan kebiasaan menerima briefing dari atasan bukan?

3. Memperluas jaringan

Bertemu dengan orang baru, salah satunya di sebuah workshop, sangat bagus untuk memperluas jaringan. Anda bisa terlibat dalam diskusi dengan orang lain yang kemungkinan memiliki minat dan keahlian di bidang yang sama. Andapun akan memiliki wawasan yang lebih luas jika suatu saat nanti ingin mencari pekerjaan yang sesuai dengan minat.

4. Mencoba hal baru

Tidak ada keharusan mengikuti workshop sesuai pekerjaan yang digeluti. Anda bebas memilih sesuai minat dan hobi. Misalnya saja workshop memasak. Anda dapat memanfaatkan pengetahuan yang diperoleh untuk mencoba terjun di bidang kuliner dan memperoleh penghasilan tambahan dari hobi baru tersebut. 

5. Persiapan pindah karir

Apakah pekerjaan Anda saat ini tidak sesuai minat dan latar belakang pendidikan? Ingin kuliah lagi tapi tidak punya banyak waktu senggang? Manfaatkan saja acara workshop untuk memperoleh skill baru sesuai minat Anda. banyak penyelenggara yang juga mengeluarkan sertifikat resmi yang dapat digunakan peserta untuk melengkapi lampiran portofolionya.

6. Buka usaha

Ingin punya usaha sendiri? Mengikuti workshop sesuai bisnis yang ingin Anda geluti merupakan langkah tepat memantapkan rencana tersebut. pilih saja materi atau topik yang sesuai.

7. Isi waktu luang

Jika biasanya Anda menghabiskan waktu liburan hanya di rumah atau melancong, kini Anda bisa berinvestasi dengan mengikuti sebuah acara workshop. Dengan begitu Anda bisa menghabiskan waktu luang dengan kegiatan bermanfaat.

Dunia kerja akan sangat berbeda dengan yang digambarkan melalui materi di bangku kuliah. Akan ada banyak hal-hal baru yang Anda temui. Dibutuhkan adaptasi yang sigap untuk bisa menyesuaikan diri dengan cepat. Salah satunya dengan menambah ilmu pengetahuan sesuai dengan profesi Anda tersebut. Hal ini bisa dilakukan dengan mengikuti acara-acara workshop.

0 komentar:

Posting Komentar