Home » » 4 Cara Mencegah Ancaman Phising untuk UKM

4 Cara Mencegah Ancaman Phising untuk UKM

Hingga detik ini pandemi virus corona di Indonesia dan dunia belum menunjukan tanda akan segera berakhir. Meskipun begitu sudah banyak negara yang kemudian melonggarkan penguncian atau lockdown. Sehingga semakin banyak perusahaan yang kembali beroperasi, termasuk bisnis skala UKM. Namun kembalinya kegiatan operasional UKM ini memberi tantangan tersendiri, salah satunya tantangan keamanan cyber.

4 Cara Mencegah Ancaman Phising untuk UKM

Mencegah Ancaman Phising pada UKM

Sejak pandemi hingga detik ini data pemblokiran terhadap aktivitas mencurigakan yang bisa jadi merupakan ancaman phising mengalami peningkatan. Data statistik ini diperoleh dari Kaspersky hingga tiga bulan pertama di tahun ini (tahun 2020). Pemblokiran didominasi oleh adanya laporan pengiriman alamat email palsu, yang tentu perlu diwaspadai oleh pelaku UKM. 

Mencegah menjadi korban phising tersebut, maka UKM bisa melakukan berbagai upaya berikut ini: 

1. Mengedukasi Karyawan

Keamanan data perusahaan menjadi rentan diretas di tengah pandemi, karena lemahnya keamanan dan semakin gencarkan modus penipuan online. Maka pelaku UKM dianjurkan untuk mengedukasi karyawan agar meningkatkan keamanan data perusahaan. Misalnya dengan menghimbau tidak mengklik link atau tautan yang tidak dikenal dan mencurigakan. 

2. Menghimbau Karyawan Mengupdate Password

Himbauan lain kepada karyawan UKM untuk meningkatkan keamanan data dari kejahatan berbasis online adalah update password secara berkala. Baik untuk password email, WiFi kantor, maupun yang lainnya. Update bisa dilakukan paling tidak 90 hari sekali dan tentunya menyusun password yang kuat agar terjamin aman. 

3. Melakukan Pembaharuan Perangkat Lunak 

Pelaku kejahatan cyber akan berusaha mengkompromikan sistem UKM khususnya yang memiliki kelemahan pada perangkat lunak yang digunakan. Mencegah resiko diretas maka bisa melakukan pembaharuan terhadap perangkat lunak yang tersedia di kantor. Upaya lain adalah menambah penggunaan perangkat lunak untuk meningkatkan keamanan, jika memang diperlukan. 

4. Menginstal Perangkat Lunak Keamanan 

Langkah pencegahan berikutnya adalah dengan menginstal atau menggunakan perangkat lunak dengan fungsi meningkatkan keamanan data perusahaan. Perangkat lunak ini akan berperan sebagai penjaga supaya kegiatan mencurigakan dari pelaku tindak penipuan online bisa dicegah. 

Meskipun langkah ini akan memunculkan biaya operasional baru, namun keamanan data perusahaan lebih terjamin. Sehingga tetap bisa dipertimbangkan dan bisa dimulai dengan perangkat yang biayanya masih terjangkau oleh kantong. Apalagi di tengah pandemi yang memang membuat nasib UKM belum tentu cukup beruntung. Maka menghemat modal perlu dijadikan prioritas supaya keuangan tetap sehat sekalipun kondisi masih membutuhkan waktu lama untuk kembali baik. 

Keamanan data perusahaan penting untuk diperhatikan khususnya dengan adanya fakta peningkatan aktivitas phising. Oleh sebab itu terapkan beberapa langkah pencegahan di atas untuk memastikan data penting perusahaan tidak bocor dan disalahgunakan. Beberapa solusi memang membutuhkan biaya lebih, silahkan disesuaikan kondisi apakah memang perlu atau bisa ditunda dulu pemenuhannya.

0 komentar:

Posting Komentar