Home » » Penting Konsumsi Susu Ketika Berpuasa di Bulan Ramadhan

Penting Konsumsi Susu Ketika Berpuasa di Bulan Ramadhan

Susu pada dasarnya merupakan salah satu bentuk minuman yang amat baik bagi kesehatan. Paling tidak ada jenis susu yang sering dikonsumsi masyarakat, yaitu susu kambing dan susu sapi. Di pasaran sendiri produk susu cukup beragam, ada yang berupa minuman kemasan dan ada pula berupa bahan pangan. Lalu adakah manfaat jika mengkonsumsi saat berpuasa di bulan ramadhan ini? Mari simak jawabnya selengkapnya di bawah ini.

Penting Konsumsi Susu Ketika Berpuasa di Bulan Ramadhan

5 Manfaat Mengkonsumsi Susu Saat Berpuasa 

Asupan nutrisi bagi tubuh memang penting untuk diperhatikan, walaupun sedang berpuasa di bulan suci ramadhan. Salah satu upaya untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh adalah dengan mengonsumsi susu. Agar lebih jelas, mari simak beberapa manfaat dari konsumsi saat berpuasa. 

1. Mengurangi Risiko  Penyakit Jantung

Manfaat pertama dari susu adalah mengurangi risiko  penyakit jantung. Tentunya penyakit jantung merupakan salah satu pembunuh yang mematikan. Sudah begitu banyak orang-orang yang harus meregang nyawa akibat penyakit satu ini. Namun penyakit jantung dapat diminimalisir dengan mengkonsumsi susu saat berpuasa. Kandungan kalium pada susu akan membantu mengurangi tekanan darah dan membantu melebarkan pembuluh darah, sehingga dapat mengurangi risiko  penyakit jantung. 

2. Membantu Mengontrol Berat Badan

Berpuasa tidak hanya sekedar bentuk ibadah, namun juga dapat menjadi ajang bagi sebagian orang untuk mengontrol berat badan mereka. Ketika berpuasa maka tubuh akan mengurai kandungan lemak di dalam tubuh yang menjadi penyebab permasalahan berat badan. Hal ini juga dapat dioptimalkan kembali dengan cara mengonsumsi susu. Susu memiliki kandungan nutrisi yang baik  dan dapat menimbulkan efek kenyang, alhasil sahabat pun dapat mengontrol nafsu makan. 

3. Menjauhkan Diri Dari Risiko  Kanker

Sama seperti penyakit jantung, Kanker pun menjadi salah satu penyakit yang mematikan. Tidak sedikit pasien yang menderita kanker harus meregang nyawa. Sebenarnya kanker dapat dihindari dengan menjaga asupan makanan dan mengonsumsi susu. Susu memiliki kandungan vitamin D yang dapat membantu pertumbuhan sel, serta memiliki kadar kalsium yang baik untuk mencegah kanker pada saluran pencernaan. Oleh karena itu, mengonsumsi susu pada saat berbuka puasa dapat menjadi pilihan yang bijak.

4. Memberikan Nutrisi Pada Tulang

Sudah menjadi rahasia bersama bahwa susu dapat memberikan nutrisi pada tulang. Kandungan kalsium dan juga vitamin D pada susu dapat menopang kesehatan tulang. Alhasil tulang pun dapat menjadi lebih sehat, kuat dan terhindar dari risiko  penyakit tulang. 

Demikianlah beberapa manfaat dari susu yang perlu diketahui. Jika melihat manfaat di atas, maka ada baiknya susu dimasukan ke dalam daftar menu berbuka puasa. Dengan demikian, kita tetap dapat menjaga kesehatan di tengah melaksanakan ibadah puasa di bulan suci ramadhan ini. Agar tidak bosan, sebaiknya dikombinasikan susu dengan aneka makanan lainnya, selamat mencoba.

0 komentar:

Posting Komentar