Home » » Olahraga Saat Puasa, Amankah? Berikut Tipsnya

Olahraga Saat Puasa, Amankah? Berikut Tipsnya

Olahraga pada saat puasa? Barangkali banyak orang yang berpikir dua kali untuk melakukannya. Umumnya aktivitas olahraga dilakukan dengan tujuan untuk menjaga kebugaran fisik melalui berbagai kegiatan fisik. Biasanya ketika berolahraga akan ada banyak kalori yang terbakar, sehingga tidak jarang energi pun cukup banyak terkuras. Lalu bagaimanakah jika olahraga dilakukan saat berpuasa? Mari simak penjelasannya berikut ini. 

Olahraga Saat Puasa, Amankah? Berikut Tipsnya

5 Manfaat Berolahraga Saat Puasa

Bagi Anda yang masih ragu untuk berolahraga saat berpuasa, maka ada baiknya menyimak informasi berikut. Olahraga saat puasa memiliki manfaat yang baik, sehingga aman dilakukan walau dilakukan saat berpuasa. Paling tidak olahraga ini dapat dilakukan ketika setelah sahur, setelah shalat tarawih, hingga menjelang buka berpuasa. Berikut ini beberapa manfaat jika berolahraga saat puasa yang dapat diketahui.

1. Menjaga Kebugaran Fisik

Manfaat pertama jika olahraga saat berpuasa adalah menjaga kebugaran fisik. Pada dasarnya fungsi utama dari olahraga adalah untuk menjaga kebugaran fisik, sehingga tetap lebih baik dilakukan saat berpuasa. Dengan begitu, tubuh pun akan terasa lebih fit dan bugar meskipun saat berpuasa. 

2. Memaksimalkan Sistem Hormon

Tubuh manusia pada dasarnya memiliki berbagai sistem, diantaranya adalah sistem hormon. Sistem tersebut memiliki fungsinya masing-masing dalam menjaga stabilitas tubuh. Salah satu sistem hormon yang akan terbantu ketika berolahraga saat berpuasa adalah hormon insulin. Hormon ini dapat maksimal kinerjanya ketika tubuh berolahraga. Sehingga olahraga saat puasa sangat baik manfaatnya bagi tubuh.

3. Menjaga Metabolisme Tubuh

Manfaat ketiga jika olahraga saat berpuasa adalah dapat menjaga metabolisme tubuh. Metabolisme merupakan hal penting yang harus diperhatikan. Sebab ketika metabolisme tubuh terjaga, maka tubuh pun akan lebih fit. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk menjaga metabolisme tubuh adalah dengan cara berolahraga. Walaupun ketika berpuasa, maka manfaat dari olahraga itu pun akan terasa. 

4. Menjaga Konsentrasi Diri 

Ketika berpuasa maka tidak jarang konsentrasi pun akan sedikit terganggu. Hal itu dikarenakan tubuh yang cenderung merasa lelah, sehingga membuat diri mengantuk. Oleh karena itu, ketika berpuasa maka disarankan untuk tetap melakukan berbagai kegiatan fisik, seperti berolahraga. Tujuannya adalah untuk menjaga konsentrasi diri, sebab saat berolahraga dapat memaksimalkan kinerja otak. 

5. Membantu Stabilitas Berat Badan

Saat berpuasa, maka tidak jarang seseorang cenderung bermasalah dengan berat badannya. Pasalnya ketika melakukan sahur dan buka, maka biasanya orang-orang cenderung akan menyantap berbagai jenis makanan. Bahkan tidak jarang berlebihan, sehingga tidak heran jika berat badan pun cenderung bertambah. Oleh karena itu, olahraga menjadi salah satu cara untuk menjaga stabilitas berat badan saat berpuasa.

Bagaimana masih ragu untuk berolahraga saat berpuasa? Agar mendapatkan manfaat yang maksimal, maka sebaiknya pilihlah aktivitas olahraga yang tidak terlalu berat. Kemudian lakukan dengan waktu yang sesuai pula.

0 komentar:

Posting Komentar