Home » » Jangan Berlebihan Ketika Sahur, Inilah Dampaknya

Jangan Berlebihan Ketika Sahur, Inilah Dampaknya

Sahur menjadi salah satu rutinitas umat muslim ketika telah berada di dalam bulan suci ramadhan. Biasanya ketika sahur kita akan mengkonsumsi aneka ragam makanan. Namun sebaiknya hati-hati dan jangan berlebihan. Sebab ketika berlebihan akan ada dampak yang timbul. Apa saja dampaknya?

Jangan Berlebihan Ketika Sahur, Inilah Dampaknya

4 Dampak yang Dialami Ketika Makan Sahur Berlebihan

Sejatinya segala sesuatu yang berlebihan akan mendatangkan dampak yang buruk bagi tubuh. Termasulah ketika melaksanakan sahur secara berlebihan. Paling tidak ada empat damak yang akan dialami ketika makan sahur berlebihan. 

1. Mengantuk berat

Apabila sahabat makan sahur berlebihan tentulah hasilnya tidak akan baik, bahkan justru akan memberikan efek tersendiri misalnya mengantuk. Rasa kantuk yang dirasakan bahkan lebih berat dibanding rasa kantuk biasanya hal ini dikarenakan pada proses pencernaan makanan, sel-sel di pankreas akan memproduksi insulin. Insulin yang diproduksi berfungsi untuk memacu meningkatkan hormon melatonin dan serotonin. Sehingga semakin  banyak kedua hormon ini dihasilkan, maka semakin berat berat pula rasanya kantuk yang dialami.

2. Perut terasa tidak nyaman

Sebenarnya tidak hanya ketika sahur yang berlebihan saja yang menyebabkan perut terasa tidak nyaman. Hari-hari biasa ketika tidak puasa pun perut akan tidak nyaman jika makan berlebihan. Hal ini dikarenakan lambung manusia mampu menampung 1 hingga 1,5 liter makanan. Kemudian jika terus diisi, lambung mampu menampung lebih banyak lagi jika makanan. Namun, butuh waktu sekitar 2 jam untuk mencernanya dan mengosongkannya lagi, sehingga selama itu pula perut akan terasa tidak nyaman.

3. Risiko makin gemuk

Ketika bulan puasa orang berpikir akan menjadikannya sebagai alternatif diet sehat, namun kenyataannya banyak orang mengalami peningkatan berat badan.  Penyebabnya bisa dikarenakan ketika sahur makan berlebihan, seolah-olah ingin menyimpan cadangan makanan di perut agar ketika siang tidak kelaparan dan lemas. Padahal ini justru akan mempersulit metabolisme tubuh sehingga akan terjadi penumpukan lemah dan berat badan pun akan meningkat.

4. Cepat lapar

Banyak orang beranggapan bahwa ketika sahur makanlah yang banyak agar disiang harinya tidak merasakan lapar. Anggapan ini tentulah salah besar, makan sahur berlebihan maka perut akan semakin cepat lapar. Rasa lapar dan kenyang yang juga disinyali dari otak itu terpengaruh oleh hormon leptin. Sehingga ketika terbiasa makan berlebihan akan memicu resistensi terhadap hormon ini. Hasilnya rasa lapar dan kenyang menjadi tidak terkontrol, akibatnya rasa lapar bisa saja muncul meskipun kondisi perut masih penuh.

Itulah alasannya mengapa kita dilarang untuk makan sahur berlebihan, sebab hasil yang akan didapatkan tidaklah baik. Justru apa yang kita harapkan dari makan sahur banyak, tidak akan pernah didapatkan. Oleh sebab itu, ketika sedang sahur ataupun buka puasa makanlah secukupnya, ikutilah sunnah Rasulullah SAW "berhenti lah sebelum kenyang".

0 komentar:

Posting Komentar