Home » » Inilah Sumber Karbohidrat Pengganti Nasi untuk Buka Puasa Lebih Sehat

Inilah Sumber Karbohidrat Pengganti Nasi untuk Buka Puasa Lebih Sehat

Nasi merupakan sumber karbohidrat yang menjadi makanan pokok bagi masyarakat di Indonesia. Hanya saja nasi yang biasa dikonsumsi masyarakat kita merupakan nasi dengan glikemik tinggi dan kadar gulanya pun tidak kalah tinggi. Maka untuk siapa saja yang tengah menjalani program diet sehat selama berpuasa, alangkah baiknya mengurangi atau mengganti sumber karbohidrat ini dengan yang lebih sehat. 

Inilah Sumber Karbohidrat Pengganti Nasi untuk Buka Puasa Lebih Sehat

Sumber Karbohidrat Pengganti Nasi Saat Berbuka

Sumber karbohidrat tentunya tidak hanya nasi, masih banyak bahan makanan lain dengan glikemik rendah namun tinggi serat bisa dijadikan alternatif lebih sehat. Berikut beberapa rekomendasi pengganti nasi untuk menu buka puasa yang lebih sehat: 

1. Jagung 

Tidak perlu mencari bahan makanan impor untuk menemukan sumber karbohidrat lebih sehat selain nasi. Sebab bahan lokal pun banyak yang mengandung karbohidrat kompleks yang lebih sehat dibanding karbohidrat sederhana pada nasi. Salah satunya adalah jagung yang memang diketahui memiliki kadar glikemik lebih rendah. 

Jagung bisa dijadikan pilihan untuk berbuka puasa secara lebih sehat namun tetap mendapatkan karbohidrat yang cukup. Selain itu setiap 100 gr jagung juga mengandung Vitamin B1, B2, B3, dan B9 yang juga disebut folat. Kandungan lainnya adalah serat, magnesium, fosfor, dan juga Vitamin C yang dibutuhkan oleh tubuh. 

2. Kentang

Selain jagung, menu berbuka yang mengandung karbohidrat sehat adalah kentang yang dijamin sangat sedap disantap saat berbuka puasa. Kentang juga menjadi sumber karbohidrat yang banyak dianjurkan untuk pelaku diet sehat. Sebab didalamnya terkandung pati resisten yang membantu program penurunan berat badan. 

3. Oatmeal 

Makanan pengganti nasi yang lebih sehat untuk buka puasa selanjutnya adalah oatmeal yang merupakan gandum utuh. Oatmeal mengandung serat yang tinggi dan karbohidrat kompleks yang baik untuk pencernaan sekaligus jantung. Berhubung rasa alaminya memang hambar maka perlu diolah dengan bahan makanan yang memiliki rasa kuat. Seperti buah-buahan, madu, dan lauk yang diolah dengan rempah-rempah. 

3. Singkong 

Semua orang Indonesia dijamin kenal dengan singkong yang juga menjadi sumber karbohidrat sehat bagi tubuh. Dilihat dari segi kandungan nutrisi, singkong ini memang nyaris mirip dengan kentang. Sehingga bisa dijadikan sebagai alternatif pengganti nasi karena lebih sehat dan lebih baik untuk saluran cerna. 

4. Beras Merah 

Dalam diet dijamin banyak orang beralih dari nasi biasa ke nasi merah yang berasal dari beras merah. Beras merah mengandung karbohidrat kompleks yang memberi sensasi kenyang lebih lama. Sekaligus mengandung serat yang tinggi dan ditambah lagi kandungan glikemiknya sangat rendah. Dilihat dari segi kalori, nasi merah juga lebih rendah sehingga menjadi sahabat bagi pejuang diet. 

Berdiet selama bulan puasa layak untuk dilakukan, namun harus diet sehat agar ibadah puasa tetap lancar. Maka bisa beralih dari nasi ke sumber karbohidrat lain yang lebih sehat, yakni yang dijelaskan di atas.

0 komentar:

Posting Komentar