Home » » Inilah 4 Cara Ngabuburit Online Supaya Tetap Aman Selama PSBB

Inilah 4 Cara Ngabuburit Online Supaya Tetap Aman Selama PSBB

Ramadhan tahun ini memang berbeda, karena umat muslim tidak hanya mempersiapkan diri menjalani ibadah puasa saja. Akan tetapi juga terus mawas diri dari bahaya infeksi virus corona alias Covid-19. Meskipun sepanjang Ramadhan diperkirakan akan menghabiskan waktu di dalam rumah, namun aktivitas seperti ngabuburit masih bisa dilakukan. Yakni secara online.

Inilah 4 Cara Ngabuburit Online Supaya Tetap Aman Selama PSBB

Cara Ngabuburit Online Selama Ramadhan 

Ngabuburit merupakan kegiatan yang dilakukan untuk menunggu bedug maghrib sebagai tanda jam buka puasa sudah tiba. Dalam kondisi normal ngabuburit dilakukan dengan berkumpul bersama teman dekat atau tetangga sekitar sembari berburu takjil buka puasa. Namun karena kondisi pandemi saat ini tidak memungkinkan untuk melakukan hal serupa. 

Maka bisa menjajal ngabuburit versi online yang bisa dilakukan di rumah sekaligus dijamin mendukung kebijakan pemerintah mencegah penyebaran Covid-19. Apa saja bentuk ngabuburit online yang tetap seru selama PSBB seperti sekarang? Berikut beberapa diantaranya: 

1. Ikut Pengajian Online 

Ngabuburit tidak selalu identik dengan kegiatan keliling kompleks mencari takjil, bisa pula berupa kegiatan keagamaan. Salah satunya mendatangi majelis pengajian di masjid yang lumrah digelar sepanjang Ramadhan. Namun tahun ini sebaiknya dilakukan secara online, ada banyak akun IG yang menggelar kajian online secara live, ada pula pengajian online lewat Zoom atau platform lainnya. 

2. Tadarus Online Lewat Zoom 

Tidak ada salahnya selama PSBB di bulan suci Ramadhan tahun ini dihabiskan di rumah saja sembari memperbaiki kualitas baca Al-Qur’an. Maka bisa mengikuti kegiatan tadarus online, dan jika belum lancar maka bisa menyimak. Kegiatan ngabuburit semacam ini tentu perlu dibudayakan agar keimanan meningkat. 

3. Mengikuti Kelas Melukis Online 

Tidak ingin ngabuburit yang terlalu berat? Maka bisa mengikuti kursus melukis online, selain menunggu waktu bedug. Juga membantu mengembangkan diri dengan mempelajari keahlian baru yakni melukis namun secara online agar tetap aman di dalam rumah. Selain melukis, masih banyak lagi kegiatan kursus yang digelar online misalnya memasak, membuat kerajinan tangan, dan lain sebagainya yang bisa dipilih sesuai selera. 

4. Main Game Online Bareng 

Bagi yang suka kegiatan main game online maka bisa mabar alias main bareng dengan teman-teman yang memiliki kesukaan yang sama. Ajak teman untuk mabar game online favorit yang populer dan seru. Langkah ini efektif melupakan sensasi haus maupun lapar selama menunggu bedug maghrib. Namun, pastikan tidak sampai terlupa dan tidak mendengar adzan sudah berkumandang saking asyiknya bermain. 

Ngabuburit kini memang perlu dinikmati secara aman di dalam rumah saja, salah satunya dengan menikmati berbagai aktivitas online yang seru. Beberapa idenya sudah disebutkan di atas, dan kira-kira mana yang sesuai selera dan kebutuhan Anda? Tidak ada salahnya pula untuk mencoba semuanya, sehingga ngabuburit online pun terasa menyenangkan.

0 komentar:

Posting Komentar