Home » » Heran Berat Badan Naik Saat Puasa Ramadhan?

Heran Berat Badan Naik Saat Puasa Ramadhan?

Pada dasarnya saat berpuasa asupan energi di tubuh kita berkurang sebab waktu makan dan minum kita terbatas. Kenyataannya, tidak sedikit orang-orang yang justru berat badannya naik saat berpuasa.  Seharusnya puasa bisa dijadikan alternatif diet tapi malah berat badan justru bertambah dan bahkan cukup berbeda dengan keadan hari-hari biasanya. Mengapa demikian? Hal tersebut bisa terjadi karena pola makan dan pola hidup cenderung salah. Yuk mari kita simak penyebab naiknya berat badan ketika puasa di bawah ini.

Heran Berat Badan Naik Saat Puasa Ramadhan

5 Penyebab Berat Badan Naik Saat Puasa

Bingung semakin puasa, semakin bertambah pula berat badan? Mungkin Sahabat melakukan kesalahan dipola makan dan pola hidup saat menjalankan ibadah puasa Ramadahan. Dari pada terus bingung, langsung saja perhatikan penyebab berat badan naik ketika puasa berikut ini.

1. Mengkonsumsi gula dan lemak berlebihan

Penyebab berat badan bertambah ketika puasa ramadhan salah satunya adalah mengkonsumsi makanan yang tidak sehat ketika berbuka dan sahur. Ketika berbuka memang disunnahkan memakan yang manis-manis, namun dalam jumlah pas (alias tidak berlebihan). Akan tetapi kebanyakan orang ketika berbuka puasa memakan kue manis, kue coklat, aneka gorengan, aneka lauk gulai sehingga menyebabkan berat badan menjadi naik.

2. Berlebihan ketika buka

Siapa yang tidak lapar ketika puasa? Tentulah tidak ada sehingga ketika berbuka rasanya ingin menelan segala makanan yang terhidang di depan mata. Padahal Rasulullah SAW menganjur kan untuk berhenti makan sebelum kenyang, maknanya makanlah makanan buka puasa secukupnya. Sebab, jika semua menu dimakan maka semua itu akan menyebabkan berat badan semakin bertambah.

3. Kurang Bergerak

Penyebab berat badan bertambah ketika puasa bukan hanya dari makanan saja, namun dari pola hidup yang salah juga bisa menjadi salah satu penyebabnya. Kurang bergerak ketika di bulan Ramadhan dapat menyebabkan berat badan menjadi naik. Misalnya, ketika telah buka puasa langsung baring dan tidur sehingga menyebabkan lemak akan menumpuk.

4. Kurang Tidur

Selanjutnya, kurang tidur juga akan menyebabkan berat badan meningkat sebab berpengaruh pada metabolisme tubuh dan hormon leptin yang mengontrol nafsu makan. Sehingga dengan begitu makan akan semakin banyak, sebab nafsu makan akan bertambah akibat jam tidur yang kurang.

5. Langsung Tidur Setelah Sahur

Terakhir, tidur setelah sahur akan mengganggu sistem pencernaan yang mengakibatkan BAB tidak lancar. Jika pencernaan tidak lancar maka lemak akan menumpuk dan menjadikan berat badan bertambah, oleh sebab itu disarankan untuk kembali tidur minimal 2 jam setelah sahur.

Bagaimana sahabat? Apakah teman-teman melakukan kesalahan di atas yang menyebabkan berat badan menjadi nilai di ramadhan kali ini? Yuk ubah pola makan dan hidup selama Ramadhan agar ketika berpuasa bisa menjadi alternatif diet.

0 komentar:

Posting Komentar