Home » » Daftar Sumber Vitamin C Selain dari Buah dan Sayuran

Daftar Sumber Vitamin C Selain dari Buah dan Sayuran

Meningkatkan daya tahan tubuh bisa dilakukan dengan banyak cara, salah satunya dengan memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh. Salah satu zat yang diperlukan tubuh untuk memiliki daya tahan yang baik adalah Vitamin C. Umumnya vitamin jenis ini diketahui masyarakat luas bersumber dari buah dan sayur. 

Daftar Sumber Vitamin C Selain dari Buah dan Sayuran

Sumber Vitamin C Selain Buah dan Sayur

Meskipun buah dan sayuran memang dijamin mengandung Vitamin C, ternyata asupan vitamin ini tidak hanya bisa didapatkan dari dua sumber makanan tersebut. Berikut sumber asupan Vitamin C lain yang bisa dipertimbangkan: 

1. Daging Unggas

Selama ini orang mengira asupan Vitamin C hanya bisa didapatkan dari buah dan juga sayuran. Namun ternyata tidak demikian, ada lebih banyak sumber makanan lain yang juga memiliki kandungan serupa. Salah satunya adalah daging unggas dan jenisnya sangat banyak, sebut saja seperti daging ayam, bebek, dan lain sebagainya. 

Jika selama ini daging unggas hanya diketahui sebagai sumber protein hewani, maka anggapan tersebut tidak selalu tepat. Pasalnya hasil berbagai penelitian menunjukan di dalam daging unggas juga terkandung beberapa vitamin dan mineral. Salah satunya Vitamin C dan E, Vitamin C di dalamnya bisa membantu meningkatkan daya tahan tubuh karena bersifat antioksidan. 

2. Ikan

Tidak hanya daging unggas saja yang bisa dijadikan sumber asupan Vitamin C harian. Sebab bisa pula dengan mengkonsumsi berbagai jenis ikan, baik itu ikan air tawar maupun ikan laut. Silahkan mengkonsumsi jenis ikan yang disukai dan dibuat selang-seling dengan daging unggas agar tidak bosan. 

3. Udang

Udang ternyata juga diketahui mengandung Vitamin C yang cukup tinggi, baik udang yang ditangkap di alam liar seperti sungai ataupun laut untuk kemudian dikonsumsi. Maupun untuk udang budidaya, sehingga saat membutuhkan asupan Vitamin C ada baiknya mencoba mengkonsumsi sumber protein satu ini. 

4. Cabe

Semua orang tentu tahu jika cabe mengandung Vitamin C sangat tinggi bahkan melebihi buah jeruk. Inilah alasan mengapa ketika ada keluhan sariawan beberapa orang dan praktisi kesehatan menyarankan mengkonsumsi cabe dalam bentuk sambal atau olahan lainnya. Hanya saja konsumsi cabe sebaiknya diatur, karena meskipun mengandung Vitamin C tinggi namun punya efek samping seperti diare jika dikonsumsi berlebihan. 

5. Suplemen

Opsional terakhir untuk mendapatkan asupan Vitamin C adalah dengan mengkonsumsi suplemen. Ada banyak merek suplemen di pasaran yang mengandung Vitamin C dalam dosis tinggi. Ada yang berbentuk seperti tablet ada pula yang berbentuk seperti permen, sehingga bisa memilih sesuai selera atau ketersediaan stok di pasaran. 

Vitamin C diketahui bersifat antioksidan yang bisa membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Memenuhi asupan vitamin ini di tengah pandemi COVID-19 bisa membantu menekan resiko terinfeksi, dan sumbernya tidak hanya buah dan sayur. Adapun sumber vitamin ini sudah dijelaskan di atas, silahkan mengkonsumsinya secara teratur.

0 komentar:

Posting Komentar