Home » » Cara Mudah Mengatasi Dehidrasi Selama Menjalankan Ibadah Puasa

Cara Mudah Mengatasi Dehidrasi Selama Menjalankan Ibadah Puasa

Dehidrasi atau kondisi dimana tubuh kekurangan cairan memang rentan terjadi atau dialami oleh seseorang ketika berpuasa. Banyak umat muslim yang menyatakan bahwa menahan lapar terasa lebih mudah dibanding menahan haus. Apalagi seringnya bulan puasa diwarnai dengan cuaca yang terik, maka penting untuk mengenali pola minum supaya dehidrasi tidak mengganggu ibadah puasa.

Cara Mudah Mengatasi Dehidrasi Selama Menjalankan Ibadah Puasa

Cara Mengatasi Dehidrasi Selama Berpuasa 

Supaya dehidrasi yang dialami selama puasa teratasi dengan baik sehingga ibadah puasa tetap lancar sampai bedug maghrib. Maka bisa melakukan beberapa upaya berikut ini: 

1. Minum Cukup Saat Sahur 

Menabung cairan dalam tubuh menjadi kunci untuk mengatasi dehidrasi selama berpuasa. Yakni dengan minum air yang cukup saat sahur, dianjurkan 2 gelas saat sahur. Supaya di hari berikutnya puasa tidak diwarnai drama dehidrasi maka saat berbuka sebaiknya minum minimal 4 gelas. Dilanjutkan lagi 2 gelas menjelang tidur, supaya dehidrasi tidak pernah dialami sepanjang bulan Ramadhan. 

2. Hindari Makanan Asin 

Selama ini menyukai makanan asin? Selama berpuasa ada baiknya mengurangi atau jika bisa menghindarinya sama sekali. Sebab mengkonsumsi makanan asin saat sahur dan berbuka berpotensi menyebabkan dehidrasi. Oleh sebab itu kurangi asupan makanan asin, termasuk asupan garam untuk mengatasinya. 

3. Perbanyak Makan Buah dan Sayuran 

Selama  berpuasa sebaiknya memperbanyak asupan buah dan sayur sebagai upaya mengatasi dehidrasi. Sebab buah dan sayuran secara alami mengandung cairan yang sehat dan diperlukan tubuh. Mengkonsumsinya akan membantu meningkatkan “tabungan cairan” supaya bebas dehidrasi saat berpuasa seharian penuh. 

4. Menghindari Aktivitas yang Terlalu Berat 

Mengatasi rasa haus berlebih sampai kondisi dehidrasi saat berpuasa juga bisa dilakukan dengan menghindari aktivitas berat. Sebab aktivitas berat akan membuat tubuh berkeringat lebih banyak dan mengeluarkan energi berlebihan. Sehingga bisa memicu rasa haus  berlebih sampai dehidrasi, maka hindari dulu selama bulan Ramadhan. 

5. Selalu Utamakan Air Putih 

Supaya dehidrasi tidak dihadapi selama berpuasa, alangkah baiknya jika menghindari minuman dengan kandungan gula tinggi sekaligus yang berkafein. Utamakan air putih untuk mencukupi kebutuhan cairan tubuh, karena akan membantu memenuhi cairan tubuh secara sehat dan dalam kurun waktu lebih lama. 

Air putih juga mudah untuk didapatkan sekaligus harganya lebih murah dibanding minuman manis, apalagi minuman kekinian. Sehingga tidak akan rugi membiasakan diri minum air putih saja selama berpuasa dan mengkonsumsi makanan sehat yang dimasak sendiri. Dijamin puasa lebih nyaman dan resiko dehidrasi tidak akan dialami. 

Siapa saja selama menjalankan ibadah puasa memang terancam mengalami dehidrasi, apalagi lebih sering kesulitan untuk minum lebih banyak. Misalnya saja saat berbuka biasanya perut penuh dengan aneka makanan, sehingga aktivitas minum berkurang. Alangkah baiknya mengatur pola minum supaya puasa lebih nyaman dan pastikan dalam sehari tetap mendapatkan asupan cairan paling tidak 2 liter.

0 komentar:

Posting Komentar