Home » » Beli Produk UMKM – Aksi Sosial di Tengah Pandemi

Beli Produk UMKM – Aksi Sosial di Tengah Pandemi

Sektor ekonomi merupakan salah satu bidang yang paling terdampak dengan adanya pandemi virus corona, baik di dalam maupun di luar negeri. Kondisi sulit dirasakan hampir seluruh lapisan masyarakat terutama para pelaku UMKM. Mampukah sektor ini bertahan?

Beli Produk UMKM – Aksi Sosial di Tengah Pandemi

Gotong royong selamatkan perekonomian

Pemerintah telah menetapkan dan menjalankan prosedur penanganan covid-19 yang mencakup bidang ekonomi dan menjadi salah satu tiga kegiatan prioritas. Para pelaku usaha dan UMKM diberikan insentif agar tetap bisa berproduksi dan PHK dapat dihindari. 

Namun, tentunya pemerintah tidak dapat bekerja sendiri. Sikap gotong royong masyarakat sangat dibutuhkan. Mereka yang berkecukupan, diharapkan mengambil peran aktif dalam membantu sesama. Selain melakukan aksi sosial seperti membagi-bagikan paket sembako, masker, masakan, hand sanitiser dan alat pelindung diri (APD), Rizayati, Dewan Pembina Usaha Mikro Kecil Menengah juga mengajak masyarakat untuk mulai memperhatikan para pelaku usaha di sekitarnya. Bantu warga yang kesulitan memperoleh penghasilan dengan membeli produk-produk yang ditawarkan. 

Berikut ini beberapa hal yang bisa dilakukan oleh masyarakat:
  • Tambahkan tip setelah membeli produk atau menggunakan jasa umkm. Meskipun terlihat kecil nilainya, tip tambahan dapat membantu menjaga arus kas.
  • Bagi pelanggan warteg, Anda masih bisa tetap menikmati makanan kesukaan di saat penerapan social distancing. Belilah makanan dengan sistem take away. Anda bisa memesan lebih awal dan beli makanan kesukaan untuk dinikmati di rumah.
  • Menyediakan makanan gratis untuk dibagikan kepada mereka yang terpaksa tetap mencari nafkah di luar rumah. kegiatan ini ternyata sudah menjadi pemandangan umum dan sering dishare di media sosial. ada yang membagikan makanan langsung atau cukup menyediakannya di depan rumah untuk diambil oleh siapa saja yang membutuhkan secara gratis.
  • Beli makanan untuk ojol juga menjadi tren berbagi masyarakat saat ini. Ada orang-orang yang memesan makanan lewat aplikasi ojek online bukan untuk dikonsumsi pribadi tetapi untuk diberikan kepada driver agar makanan tersebut bisa dimakan bersama keluarga ataupun rekan-rekan ojol yang lain.
  • Beli pulsa dari pedagang pulsa atau konter yang berada di pinggiran jalan. Meskipun sekarang ini sudah banyak aplikasi yang memungkinkan Anda untuk membeli pulsa secara online, namun cobalah pergi ke konter terdekat yang berada di pinggir jalan. Cara ini justru lebih efisien apalagi kalau ternyata kuota Anda justru tidak cukup untuk mengakses mobile banking atau situs e-commerce.
  • Berinvestasi finansial apabila mampu. Terjadinya wabah virus corona menyebabkan banyak usaha mengalami kesulitan permodalan. Walaupun pemerintah telah menyiapkan dana khusus, tetapi tidak semua pelaku umkm memperoleh jatah atau tidak tahu kapan bantuan tersebut akan turun. Oleh karena itu, masyarakat kalangan mampu dapat bergerak proaktif dengan berinvestasi agar para pelaku umkm tetap bisa menjalankan bisnisnya.

Covid-19 adalah musuh bersama dan harus dihadapi dengan melibatkan semua kalangan, baik dari pemerintah maupun masyarakat umum. Misalnya dengan membantu pelaku umkm yang menjadi tonggak kekuatan perekonomian Indonesia. Mulai saja dengan membeli barang-barang kebutuhan sehari-hari dari para pedagang terdekat.

0 komentar:

Posting Komentar