Home » » Alasan Mengapa Minum Susu Selama Berpuasa Sangat Penting

Alasan Mengapa Minum Susu Selama Berpuasa Sangat Penting

Selama menjalankan ibadah puasa tentunya perlu selektif dalam memilih apa yang akan dikonsumsi, agar kesehatan tubuh terjaga. Sehingga ibadah puasa yang dijalankan bisa lebih lancar berkat pengaturan pola makan yang sehat dan tepat. Pastikan untuk tetap mendapatkan asupan nutrisi yang sehat dan seimbang, salah satunya dengan rutin minum susu selama berpuasa. 

Alasan Mengapa Minum Susu Selama Berpuasa Sangat Penting

Pentingnya Minum Susu Selama Berpuasa

Rutin minum susu selama menjalani ibadah puasa ternyata memberikan banyak manfaat penting bagi tubuh. Beberapa diantaranya adalah: 

1. Menjaga Kesehatan Tulang

Dengan rutin minum susu saat sahur maupun berbuka maka sudah membantu tubuh mendapatkan asupan kalsium yang cukup. Langkah ini akan membantu menjaga kesehatan dan kekuatan tulang selama berpuasa. Sebab selain kaya kalsium, susu juga mengandung nutrisi lain seperti Vitamin D. 

2. Jantung Tetap Sehat 

Selain mengandung kalsium yang tinggi rupanya di dalam segelas susu juga terkandung kalium. Kalium akan membantu melebarkan pembuluh darah supaya peredaran darah lancar dan jantung semakin sehat. Sehingga terbiasa minum susu selama berpuasa berdampak baik bagi organ jantung. 

3. Melindungi Tubuh dari Resiko Kanker 

Kandungan kalsium, kalium, Vitamin D, dan lain sebagainya di dalam susu juga efektif menurunkan resiko kanker. Konsumsi selama menjalankan ibadah puasa membantu menurunkan kemungkinan terkena kanker usus maupun kanker dubur. 

4. Menjaga Kesehatan Mental 

Disiplin minum susu saat sahur dan berbuka akan memberi asupan Vitamin D yang memadai. Rupanya selain baik untuk tulang, Vitamin ini juga baik untuk kesehatan mental. Sebab bisa membantu tubuh memproduksi hormon serotonin yang sangat berhubungan dengan suasana hati, sehingga bisa tetap tenang dan bahagia. 

5. Membantu Pembentukan Otot 

Susu juga mengandung protein yang tinggi dan membantu memberi rasa kenyang lebih lama sekaligus menjadi sumber energi selain. Selain itu, protein juga akan membantu membentuk maupun menjaga kekuatan otot. Bagi yang ingin membentuk otot selama berpuasa maka bisa rutin minum susu, baik saat sahur maupun saat berbuka. 

6. Membantu Menurunkan Berat Badan 

Bagi yang menjalankan program diet untuk bisa turun berat badan secara sehat maka penting untuk rutin minum susu selama berpuasa. Kandungan nutrisinya sangat membantu mempertahankan maupun menurunkan berat badan. Misalnya saja dari protein yang memberi efek kenyang lebih lama agar tidak sahur dan berbuka berlebihan. 

Selain itu, susu juga mengandung asam linoleat  yang memberikan dukungan pada penurunan berat badan secara signifikan dan alami. Jenis asam ini memiliki kemampuan memecah lemak dan mencegah pembentukan lemak baru. Sehingga menurunkan berat badan dan mencegah terjadinya obesitas. 

MInum susu tentunya menjadi langkah yang tepat untuk menjaga kesehatan selama berpuasa. Banyak manfaat diberikan bagi tubuh sesuai uraian di atas, namun pastikan memilih susu rendah lemak dan rendah gula. Selain itu penting untuk memperhatikan kesehatan pencernaan karena susu kurang ramah bagi penderita maag.

0 komentar:

Posting Komentar