Home » » 5 Keuntungan Berjualan Online

5 Keuntungan Berjualan Online

Punya sejumlah ide bisnis tapi bingung bagaimana cara memulainya? Mungkin Anda masih merasa ragu karena keterbatasan modal yang ada. Tapi tahukah Anda bahwa tidak semua bisnis membutuhkan dana untuk memulainya. Anda dapat mencoba berbisnis atau berjualan online.

5 Keuntungan Berjualan Online

Cara memulai jualan online

Berjualan online? Mengapa tidak? Bukankah sangat banyak orang sukses dengan berjualan lewat sosial media dan marketplace? Jika Anda sedang membutuhkan pertimbangan, beberapa keuntungan berikut bisa jadi alasan mengapa perlu mulai jualan online sekarang:

1. Bisa dijalankan kapan saja dan dimana saja

Dalam bisnis, Andalah bosnya. Jadi, tentukan sendiri waktu dan tempat operasional, tanpa ada tekanan dari manapun. Anda hanya perlu memastikan lokasi tersebut bisa menerima sinyal internet dengan lancar.

2. Modal ringan

Sudah punya smartphone dan koneksi internet handal? Anda dapat memulai bisnis dengan dua hal tersebut. kalau masih punya dana, maka Anda bisa mensuplai produk sendiri di rumah.

3. Jangkauan pasar luas

Internet menghubungkan orang-orang di hampir seluruh bagian dunia. Itu artinya, tersedia pangsa pasar yang luas dimana Anda dapat menjajakan produk atau jasa kepada yang membutuhkan.

4. Biaya operasional rendah dengan peluang yang besar

Harga jual produk online cenderung lebih murah dibandingkan offline. Hal ini karena minimnya biaya operasional yang dibutuhkan. Anda tidak perlu memusingkan biaya sewa tempat dan penyediaan armada untuk pengiriman. Terlebih lagi, ongkos kirim akan menjadi tanggungan konsumen. Jika Anda dapat menjaga reputasi dengan menyediakan produk-produk berkualitas dan harga terjangkau, bukan tidak mungkin akan mendatangkan order ulang (repeat order) dari konsumen sebelumnya. Kredibilitas bisnis Anda pun akan terus naik dan peluang memperoleh omset juga lebih besar.

5. Jadi boss sendiri dan peluang buka lapangan pekerjaan

Dalam bisnis yang dijalankan sendiri, Andalah bossnya. Pada awal pembukaan, kemungkinan Anda masih bisa melayani konsumen seorang diri. Waktu operasional toko juga dapat ditentukan secara fleksibel. Jika orderan semakin meningkat, maka Anda dapat mempekerjakan orang lain untuk membantu memperlancar proses jual beli dengan konsumen.

Memulai jualan online sangat sesuai dengan kondisi saat ini. Di masa pandemi, dimana semua orang dihimbau untuk mematuhi aturan physical distancing, sebagian masyarakat kemudian mengandalkan jasa jual beli produk online dan layanan antar. Terlebih lagi sekarang umat Muslim sedang menjalankan ibadah puasa Ramadhan.

Beberapa contoh produk yang paling dicari yaitu makanan, minuman, kebutuhan pokok, hand sanitizer dan masker kain. Sebagian masyarakat juga tidak bisa mudik, terutama di wilayah zona merah pandemi. Itulah mengapa, produk-produk khas daerah tertentu banyak yang membeli sebagai obat rindu kampung halaman.

Ingat, Anda tidak harus memiliki sebuah toko fisik ataupun situs toko online. Manfaatkan saja akun sosial media dan bergabung dalam grup jual beli. Anda juga bisa secara langsung menawarkan produk melalui platform marketplace, seperti Lazada, JD.ID, Tokopedia, Shoppee dan lain sebagainya. 

0 komentar:

Posting Komentar