Home » » 4 Tips Menjaga Keuangan Tetap Aman Selama Pandemi

4 Tips Menjaga Keuangan Tetap Aman Selama Pandemi

Bijak dan cerdas dalam mengelola keuangan menjadi sebuah keharusan bagi siapa saja. Kesadaran pun perlu ditingkatkan ketika kondisi pandemi menyerang seperti sekarang ini. Sebab tidak menutup kemungkinan kondisi finansial akan mengalami defisit cukup signifikan, sehingga pengelolaannya harus sangat cermat sejak dini.

4 Tips Menjaga Keuangan Tetap Aman Selama Pandemi

Mengelola Keuangan Selama Pandemi 

Membantu Anda untuk bisa menjaga kondisi finansial tetap prima selama menghadapi pandemi, maka bisa mencoba beberapa tips tata kelolanya berikut ini: 

1. Meninjau Pemasukan dan Pengeluaran

Tips pertama dalam mengelola sektor finansial saat pandemi adalah dengan meninjau pengeluaran dan pemasukan. Pastikan besarnya pengeluaran tidak sama atau tidak melebihi jumlah pemasukan. Hindari keinginan belanja berlebihan apalagi dengan tujuan menimbun suatu kebutuhan. 

Sebab dengan menimbun berbagai kebutuhan alhasil pengeluaran membengkak, padahal bisa jadi hasil penimbunan malah rusak. Bisa pula ada kemungkinan ke depan akan ada kebutuhan mendadak. Jadi, belanja seperlunya saja agar pengeluaran terkontrol dan tidak melebihi jumlah pemasukan bulanan. 

2. Membuat Rencana Anggaran 

Merasa kesulitan untuk mengatur pengeluaran secara efisien selama pandemi? Maka tidak ada salahnya menyusun daftar anggaran belanja berbagai kebutuhan dalam sebulan. Jadi, silahkan dibagi jumlah dana yang tersedia untuk pos-pos pengeluaran dan usahakan diperketat. Saat dipraktekan pastikan mematuhi anggaran yang sudah disusun tersebut agar tidak kecolongan. 

3. Berusaha Tetap Menabung 

Selama pandemi tentu ada beberapa pengeluaran baru yang muncul, seperti kebutuhan membeli masker kain yang sebelumnya tidak ada dalam daftar belanja. Meskipun ada kemungkinan pengeluaran membengkak karena kebutuhan ini dan itu bukan berarti tidak bisa berupaya untuk menabung. 

Jadi, sisihkan dana Anda meski hanya beberapa Rupiah untuk ditabung. Dana tabungan ini bisa digunakan di kemudian hari untuk berbagai kebutuhan. Salah satunya untuk dijadikan dana pemenuhan kebutuhan pokok ketika pemasukan benar-benar tersendat sebagai efek dari pandemi. 

4. Meminta dan Mencari Bantuan 

Sulitnya kondisi perekonomian selama pandemi tentunya tidak hanya Anda hadapi seorang diri. Bahkan seluruh masyarakat di negeri ini menghadapinya, termasuk masyarakat di seluruh dunia. Oleh sebab itu tidak ada salahnya untuk mencari bantuan dan dukungan agar bisa melewatinya. 

Maksudnya disini adalah ketika Anda menghadapi kesulitan finansial, misal karena penghasilan menurun atau malah terhenti sama sekali karena PHK. Kemudian masih memiliki kewajiban hutang di bank atau cicilan yang lainnya. Maka bicarakan baik-baik kondisi Anda kepada petugas bank sehingga bisa mendapatkan keringanan. 

Pandemi memang berpotensi membuat siapa saja kehilangan kekuatan finansial, sebab perekonomian mengalami penurunan tajam. Hanya saja meskipun kondisi ini sedang memburuk tentu perlahan akan membaik. Oleh sebab itu ketika kondisi finansial masih lumayan bagus ada baiknya dikelola sebijak mungkin. Anda bisa mencoba beberapa tips di atas agar keuangan tetap sehat selama pandemi.

0 komentar:

Posting Komentar