Home » » 4 Dampak Jika Sahur Berlebihan bagi Ibadah Puasa Anda

4 Dampak Jika Sahur Berlebihan bagi Ibadah Puasa Anda

Menunjang kelancaran ibadah puasa maka penting untuk mengatur pola makan dengan seksama. Meskipun perlu mempersiapkan tubuh untuk tidak makan seharian namun bukan berarti harus sahur secara  berlebihan. Tindakan ini nantinya akan memicu berbagai masalah kesehatan, sehingga perlu dihindari. 

4 Dampak Jika Sahur Berlebihan bagi Ibadah Puasa Anda

Dampak Jika Sahur Berlebihan

Memilih sahur secara berlebihan ternyata memberi berbagai dampak yang kurang menguntungkan. Berikut adalah dampak yang ditimbulkan: 

1. Meningkatkan Resiko Kegemukan 

Tidak sedikit yang berharap dan berusaha untuk bisa lebih kurus selama menjalani ibadah puasa sebulan penuh. Namun dengan pola makan yang tidak diatur nantinya malah memberi efek sebaliknya. Misalnya dengan sahur berlebihan yang bisa memicu kenaikan berat badan. 

Hal ini dapat terjadi karena saat sahur berlebihan maka asupan kalori akan terlalu tinggi dari biasanya dan seharusnya. Meskipun seharian tidak makan, namun jika sahur saja sudah berlebihan. Maka saat berbuka pun akan membuat asupan kalori meningkat tajam, sehingga rentan bertambah gemuk. 

2. Lebih Cepat Lapar

Sinyal lapar maupun rasa kenyang dikirimkan ke otak melalui hormon leptin. Hanya saja saat sahur berlebihan biasanya resistensi hormon ini akan mengalami gangguan sedikit. Akibatnya kontrol terhadap rasa lapar maupun kenyang menjadi bermasalah. Paling sering terjadi adalah seseorang menjadi lebih sering lapar, sehingga ibadah puasa menjadi kurang lancar. 

3. Mudah Mengantuk 

Selama proses mencerna makanan yang dikonsumsi maka tubuh akan merangsang pankreas memproduksi insulin. Insulin ini akan meningkatkan hormon melatonin dan juga serotonin. Jika kedua hormon ini diproduksi secara berlebihan maka salah satu dampaknya adalah mata lebih sulit dibuka, alias memicu rasa kantuk. Inilah alasan kenapa saat berpuasa lebih sering mengantuk dibandingkan terjaga. 

4. Perut Menjadi Tidak Nyaman 

Dalam kondisi normal lambung mampu menampung antara 1 sampai 1.5 liter makanan, dan bisa lebih banyak lagi jika dipaksakan. Namun ketika lambung dalam kondisi penuh maksimal maka membutuhkan waktu paling tidak 2 jam untuk kosong kembali. 

Maka efek dari sahur berlebihan adalah membuat perut terasa penuh sehingga kurang nyaman selama minimal 2 jam. Jika dipakai beraktivitas tentu terasa kurang mendukung, dan kebanyakan memilih pergi tidur selepas sahur. Sehingga memicu perut buncit sekaligus kenaikan berat badan dan mungkin efek lain bagi kesehatan. 

Sahur menjadi modal bagi umat muslim untuk mendapatkan energi yang cukup selama berpuasa seharian penuh. Idealnya tentu saja tetap mengkonsumsi makanan bernutrisi seimbang dan sehat. Selain itu juga perlu diatur porsinya agar tidak berlebihan yang membuat berbagai dampak di atas. 

Supaya lebih nyaman menjalankan ibadah puasa, sebaiknya sahur dengan porsi normal dan sesuai kemampuan lambung. Akan lebih baik jika tidak berlebihan sama sekali, sebab sahur banyak atau sedikit tidak akan mempengaruhi puasa Anda. Sebab secara alami tubuh akan membakar lemak dan cadangan gula jika asupan dari makanan saat sahur dirasa kurang.

0 komentar:

Posting Komentar