Home » » Tips Belajar Tetap Seru Selama PSBB

Tips Belajar Tetap Seru Selama PSBB

Imbas wabah corona tak hanya dirasakan oleh orang dewasa yang diharuskan bekerja di rumah untuk menekan penyebaran virus. Anak-anak pun diimbau untuk menggantikan sistem belajar di sekolah menjadi belajar dari rumah. Tentu saja, tak semua anak merasa nyaman dengan aturan belajar dari rumah. Salah satunya karena mereka tak bisa bertemu dengan teman-teman sekolahnya. Inilah mengapa para orang tua beserta para pengajar harus benar-benar cermat memilih sistem pembelajaran bagi anak selama masa PSBB supaya anak juga tetap menikmati momen belajar meski hanya dari rumah.

Tips Belajar Tetap Seru Selama PSBB

Pilih Sisitem Belajar yang Tepat bagi Anak selama PSBB

Adanya imbauan untuk memindahkan kegiatan belajar mengajar anak dari sekolah ke rumah tentu membutuhkan kesiapan dari semua pihak mulai dari pihak sekolah dalam membuat program pembelajaran jarak jauh secara online, orang tua selaku pembimbing dan pendamping anak selama proses belajar, serta anak sendiri. Bagaimanapun belajar dari rumah secara online pastinya memiliki tantangan tersendiri. Inilah mengapa perlu beberapa tips supaya anak tetap menikmati dan tak bosan belajar dari rumah selama masa pandemi corona.


1. Siapkan Ruang Belajar yang Nyaman dan Kondusif

Saat di rumah, banyak yang memilih tempat belajar di mana saja seperti dengan rebahan di kasur, pojokan teras, ataupun lainnya. Untuk lebih mengoptimalkan waktu belajar anak selama di rumah, Anda sebaiknya menyiapkan ruang belajar yang tak hanya nyaman tetapi juga bisa membantu mereka tetap fokus belajar. Anda bisa memulainya dnegan menyediakan meja belajar atau spot khusus di rumah sebagai ruang belajar mereka. Namun, ketika anak terlihat bosan belajar di tempat yang sama, Anda bisa mengajaknya belajar ke spot lain seperti taman rumah atau area lain sesekali.

2. Buat Jadwal Belajar dan Mematuhinya

Meski belajar dilakukan dari rumah, Anda sebaiknya tetap melakukan sejumlah kebiasaan sebagaimana keseharian ketika belajar di sekolah seperti anak bangun jam berapa, mandi, sarapan, dan melanjutkan ke persiapan belajar. Anda sebaiknya tetap mengikuti jadwal belajar sebagaimana yang dibuat pihak sekolah. Jangan lupa, ketika sudah masuk jadwal istirahat maka Anda sebaiknya juga memberikan jeda istirahat bagi anak-anak dengan melakukan apa saja yang membuat mereka kembali fresh dan nyaman saat proses belajar.

Setelah menyusun jadwal, pastikan Anda pun mengajak anak untuk mematuhi jadwal tersebut. Hal ini untuk meminimalisir anak kehilangan fokus dan konsentrasi karena ingin bermain ataupun melakukan hal lainnya di luar belajar.

3. Periksa Tugas dari Sekolah

Selain mengikuti dan mematuhi jadwal yang dibuat, selama proses belajar, Anda sebaiknya juga tak lupa untuk memeriksa tugas apa yang diberikan sekolah atau tim pengajar secara online. Pastikan anak-anak menyelesaikan tugasnya tepat waktu. Bila ada beberapa kendala atau kesulitan, jangan ragu untuk bertanya atau berkonsultasi dengan pengajar anak untuk mendapatkan solusi. Hal ini tentu sangat membantu anak untuk lebih memahami tugas serta materi belajarnya.

4. Dampingi Anak saat Proses Belajar Online

Sebagian sekolah mungkin sudah menerapkan sistem belajar online dengan melakukan video conference bersama guru pengajar dan teman sekolah anak. Dengan adanya sistem ini, proses belajar di rumah pastinya tak akan terlalu beda dengan proses belajar di sekolah. Hanya saja, bagi anak yang sekolahnya belum menerapkan sistem belajar online dengan metode konferensi video, tentu orang tua perlu mendampingi anak selama proses belajar supaya anak pun mengerti materi apa yang dipelajarinya. Bila Anda merasa kesulitan untuk memberikan penjelasan tentang materi anak, Anda bisa meminta bantuan guru les untuk membantu.

Selama masa belajar dari rumah, orang tua hendaknya bisa menciptakan suasana belajar yang nyaman, menyenangkan, dan kondusif bagi anak supaya proses belajarnya bisa lebih maksimal. Semoga pandemi corona lekas berlalu supaya semua bisa kembali beraktivitas sebagaimana sebelumnya.

0 komentar:

Posting Komentar