Home » » Penyebab Mudik Dilarang Ketika Pandemi Virus Corona

Penyebab Mudik Dilarang Ketika Pandemi Virus Corona

Sebagaimana diketahui bersama bawah saat ini indonesia sedang menghadapi infeksi dari pandemi virus corona. Hingga hari tercatat ada lebih kurang 27 provinsi di tanah air yang telah memberikan laporan terkait anggota masyarakatnya yang positif corona. Sebagai bentuk upaya pencegahan bertambahnya jumlah kasus positif, maka pemerintah memberikan himbauan untuk tidak mudik ke kampung halaman. Lalu mengapa himbauan itu diberikan? Mari simak informasi selengkapnya berikut ini. 

Penyebab Mudik Dilarang Ketika Pandemi Virus Corona

3 Pertimbangan Mudik Dilarang 

Adanya infeksi pandemi corona di tanah air membuat sejumlah wilayah membatasi kegiatan masyarakatnya. Akhirnya salah satu dampak dari pembatasan itu adalah menurunnya aktivitas masyarakat dalam bertransaksi jual-beli atau pun perdagangan barang maupun jasa. Sehingga banyak diantara para pelaku usaha yang memutuskan untuk pulang ke kampung halaman (mudik). Namun tunggu dulu, sebaiknya Anda tidak buru-buru untuk mudik, sebab ada larangan untuk melakukannya. 

Mengapa mudik dilarang? Pada dasarnya keputusan larangan mudik ini memang belum secara resmi dikeluarkan oleh pemerintah. Namun himbau itu telah disampaikan dengan tujuan menjamin keselamatan calon pemudik sendiri. Paling tidak ada 4 pertimbangan mengapa mudik dilarang pada masa pandemi corona ini.

1. Calon Pemudik Kebanyakan Berasal dari Wilayah Terpapar Virus Corona

Pertimbangan pertama adalah kebanyak calon pemudik berasal dari wilayah yang terpapar corona. Tentunya hal itu memiliki potensi bahwa calon pemudik sebenarnya telah terinfeksi corona tanpa sepengetahuannya. Sehingga dikhawatirkan ketika mudik, mereka akan menyebarkan virus tersebut kepada orang lain di kampung halamannya. 

2. Mudik Akan Bertemu dengan Banyak Orang, Sehingga Berpotensi Penyebaran Virus

Pertimbangan kedua adalah mudik akan mempertemukan orang dengan berbagai latar belakangan. Dikhawatirkan diantara pemudik terdapat orang yang terinfeksi corona, sehingga hal itu menyebabkan potensi penularan semakin besar. Terlebih jika mudik menggunakan bus yang notabene memiliki banyak penumpang. 

3. Khawatir Kesehatan Menurun Akibat Perjalanan Jauh

Pada dasarnya virus corona memiliki potensi menginfeksi lebih besar pada orang-orang yang memiliki kesehatan rendah. Salah satu orang yang memiliki risiko itu adalah pemudik. Pasalnya pemudik tidak jarang harus menempuh perjalanan jauh untuk sampai ke kampung halamannya, sehingga hal itu pun akan banyak menguras stamina tubuh. Bahkan tidak jarang ada yang sampai jatuh sakit. 

Jika mengacu pada 3 pertimbangan tadi maka memang penting untuk kegiatan mudik dilarang terlebih dahulu. Walaupun keputusan finalnya tetap berada di tangan pemerintah. Harapannya masyarakat lebih waspada dan mawas diri mengingat saat ini kasus infeksi virus corona terus bertambah. 

Masyarakat dapat menerapkan pola hidup sehat untuk menjaga diri agar tetap aman dari virus corona ini. Pastikanlah bahwa tubuh mendapatkan asupan gizi yang cukup sehingga dapat menopang kesehatannya. Jangan lupa untuk sementara waktu, jagalah jarak antar sesama supaya tidak ada korban berikutnya yang dinyatakan positif terinfeksi virus corona.

0 komentar:

Posting Komentar