Home » » Penyebab Bau Mulut Saat Berpuasa

Penyebab Bau Mulut Saat Berpuasa

Bagaimana sahabat hari ini? Semoga lancar-lancar saja ya. Meskipun saat ini kita sedang berada dalam masa pandemi corona, maka janganlah sampai mengurangi semangat dan kekhusyukan dalam menjalankan puasa. Ketika berpuasa maka sudah menjadi rahasia umum bahwa mulut akan berbau. Tentunya hal ini dapat dicegah, jika kita mengenal penyebab dari bau mulut tersebut. Apa saja penyebabnya? Mari simak uraian lengkapnya di bawah ini. 

Penyebab Bau Mulut Saat Berpuasa

4 Penyebab Mulut Berbau Ketika Puasa

Mulut berbau barangkali tidak hanya terjadi ketika sedang berpuasa, namun juga pada keadaan sehari-hari. Akan tetapi ketika berpuasa maka memang ada cenderung peningkatan bau mulut yang terjadi. Sebagaimana telah dikatakan di awal tadi bahwa bau mulut tersebut dapat dihindari jika kita mengetahui penyebabnya. Berikut ini 5 penyebab bau mulut yang timbul saat berpuasa. 

1. Memiliki Permasalahan Pada Lambung

Permasalahan pada lambung dikenal dengan istilah Gerd dan salah satunya indikatornya adalah timbulnya bau mulut. Umumnya Gerd ini disebabkan oleh aliran asam lambung yang naik ke permukaan tenggorokan, hingga membuat rasa terbakar. Selain itu, bau yang timbul disebabkan cairan asam lambung yang telah bercampur dengan berbagai zat makanan. 

2. Kekurangan Cairan (Dehidrasi)

Penyebab kedua yang membuat timbulnya bau mulut adalah kekurangan cairan.  Saat berpuasa maka akan ada sejumlah cairan yang tubuh hilang. Hal ini merupakan suatu yang lumrah terjadi, terlebih saat itu kita tidak mengonsumsi air sama sekali. Ketika dehidrasi maka cairan air ludah akan mengurang, sehingga akan membuat mulut kering dan bakteri di mulut bertambah. Hal inilah yang kemudian membuat munculnya bau mulut.

3. Tidak Sikat Gigi Setelah Sahur

Saat melaksanakan sahur, maka kita akan mengonsumsi berbagai jenis makanan. Tentunya hal ini pun akan membuat banyak sisa makanan yang terperangkap di mulur dan harus dibersihkan dengan cara menyikat gigi. Namun ketika Anda tidak menyikat gigi setelah sahur, maka hal itu pun akan membuat munculnya bau mulut. Oleh sebab itu,  usahakan sikat gigi setelah selesai sahur agar mulut tidak bau. 

4. Mengonsumsi Gula Berlebihan

Penyebab keempat yang dapat menimbulkan bau mulut adalah mengonsumsi gula berlebihan. Biasanya sumber gula berlebihan dari aneka menu berbuka (seperti takjil) yang cenderung manis. Tentunya hal ini tidak dianjurkan untuk dilakukan secara terus menerus, sebab akan menimbulkan pada permasalahan kesehatan. Kandungan gula yang berlebihan akan menyebabkan bakteri mulut dapat berkembang lebih cepat, sehingga dapat menimbulkan bau pada mulut. Oleh karena itu, jagalah jenis makanan yang dikonsumsi saat sahur maupun berbuka.

Itulah beberapa penyebab munculnya bau mulut ketika berpuasa. Setelah mengetahui beberapa penyebab tadi, maka hindarilah penyebab tersebut. Semoga dengan menghindari beberapa penyebab tadi, kita dapat terhindar dari risiko bau mulut saat berpuasa.

0 komentar:

Posting Komentar