Home » » Pemberlakuan PSBB; Ini Untung dan Ruginya Bagi Masyarakat

Pemberlakuan PSBB; Ini Untung dan Ruginya Bagi Masyarakat

Sebagaimana diketahui bahwa saat ini di beberapa daerah yang memiliki kasus infeksi corona telah memutuskan untuk melakukan PSBB, seperti Kota Jakarta, Bogor, Bekasi dan Depok. PSBB sendiri merupakan pembatasan sosial yang dilakukan dalam skala besar dengan tujuan untuk memutus rantai penyebaran virus corona. Lalu apa saja keuntungan dan kerugian dari pemberlakuan  PSBB ini? Mari Simak informasi selengkapnya berikut ini. 

Pemberlakuan PSBB; Ini Untung dan Ruginya Bagi Masyarakat

2 Keuntungan dan 2 Kerugian Pemberlakuan PSBB Bagi Masyarakat

Pembatasan sosial berskala besar yang telah dilakukan di beberapa daerah tentunya memberikan pengaruh bagi kehidupan masyarakat. Pasalnya saat pemberlakuan PSBB tersebut ada sejumlah kegiatan yang dibatasi bahkan dilarang untuk dilakukan. Berikut ini akan diuraikan beberapa keuntungan dan kerugian pemberlakuan  PSBB bagi masyarakat. 

1. Masyarakat Terhindar dari Penularan Covid-19

Pertama dengan adanya pemberlakuan PSBB maka masyarakat dapat terhindar dari infeksi virus corona. Mengapa? Sebab saat itu, masyarakat lebih cenderung berada di rumah, serta dapat menjaga jarak satu sama lain. Tentunya hal ini menjadi faktor penting dalam memastikan diri agar tetap aman dari infeksi corona. 

2. Penyebaran Covid-19 dapat Diputus

Kedua, pemberlakuan PSBB juga memberikan keuntungan dari sisi upaya penanganan penyebaran virus. Ketika tidak ada lagi masyarakat yang terinfeksi, maka hal itu akan memberikan dampak yang signifikan terhadap pemutusan penyebaran virus. Sehingga hal ini pun akan membantu proses penanganan kasus penyebaran covid-19. 

3. Perekonomian Masyarakat Terganggu

Selanjutnya, jika ditinjau kerugiannya, maka penerapan pembatasan sosial berskala besar ini memiliki dampak terhadap perekonomian. Oleh karena adanya pembatasan dari sejumlah kegiatan, maka hal itu pun turut serta mengganggu perekonomian masyarakat. Ada kecenderungan penurunan transaksi jual beli yang disebabkan oleh penghasilan utama mereka juga menurun. Hal ini pun membuat penghasilan pedagang pun ikut menurun. Sehingga jika demikian, maka sudah pasti stabilitas perekonomian menjadi terganggu. 

4. Pergerakan Masyarakat Menjadi Terbatas

Kerugian lainnya dari pemberlakuan PSBB ini adalah pergerakan masyarakat menjadi terbatas. Jika dalam kondisi normal, masyarakat dapat dengan leluasa melakukan berbagai aktivitas mereka. Mulai dari aktivitas jual beli, mengunjungi sanak saudara, maupun menghadiri pesta. Namun ketika PSBB diberlakukan maka aktivitas tersebut dibatasi untuk sementara waktu. Tentunya hal ini akan memberikan kerugian tersendiri bagi masyarakat. 

Demikianlah beberapa keuntungan dan kerugian dari pemberlakuan pembatasan sosial berskala besar yang dapat dibagikan kali ini. Terlepas dari aspek untung dan rugi dari penerapan PSBB, maka penting pula bagi masyarakat untuk menyadari bahwa hal ini dilakukan untuk kepentingan orang banyak. Ketika kita berusaha mentaati aturan PSBB yang diberlakukan, maka saat itu kita telah ikut serta dalam penanganan kasus covid-19. Sehingga dengan demikian, kasus penyebaran dan infeksi corona di Indonesia dapat segera  teratasi.

0 komentar:

Posting Komentar