Home » » Menu Takjil yang Sehat Untuk Berbuka Puasa Ramadhan di Rumah Saja

Menu Takjil yang Sehat Untuk Berbuka Puasa Ramadhan di Rumah Saja

Halo sahabat, selamat menunaikan ibadah suci Ramadhan, semoga amal ibadah kita bernilai pahala di mata Allah SWT. Meskipun saat ini kita menjalankan ibadah puasa ditengah pandemi corona, namun itu semua tidak menjadikan semangat umat muslim kendor dalam melakukan berbagai macam aktivitas ibadah. Meskipun ibadah tersebut dilakukan di rumah saja, padahal biasanya seringkali di luar rumah. Contoh kebiasaan yang dilakukan di luar rumah saat bulan suci ramadhan adalah berburu Takjil. Jadi sahabat, dikarenakan saat ini wajib di rumah saja maka sebaiknya manfaatkan waktu membuat takjil untuk membuat takjil sendiri. Yuk cek 5 pilihan takjil sehat di bawah ini.

Menu Takjil yang Sehat Untuk Berbuka Puasa Ramadhan di Rumah Saja

5 Menu Takjil Sehat Ramadhan di Rumah Saja

Ketika berbuka tentulah ingin memakan ataupun minum yang segar-segar. Namun yang harus diketahui, ketika sedang buka puasa selain segar takjil pun harus bernilai sehat untuk badan. Berikut ini menu takjil sehat yang bisa sahabat di rumah saja.

1. Sup buah

Salah satu takjil yang segar dan sehat adalah sop buah. Berbagai macam aneka buah yang sehat dan mengandung banyak serat telat sekali dikonsumsi saat buka puasa. Sup buah terbuat dari kumpulan buah seperti anggur, pepaya, semangka, cery, melon, timun suri dan lain-lainnya. Kemudian tambahkan susu kental manis secukupnya, sirup perasa buah sesuai selera serta dan air putih secukupnya.

2. Lotek

Takjil sehat yang bisa sahabat olah sendiri rumah selanjutnya adalah lotek. Lotek adalah makanan yang mengenyangkan, sangat cocok untuk berbuka puasa. Aneka macam sayuran yang dibubuhi kuah kacang akan memperkaya serat dan sangat baik untuk pencernaan di bulan suci Ramadhan ini. 

3. Es rumput laut

Selanjutnya, takjil ke tiga adalah es rumput laut yang sangat baik untuk menjaga daya tahan tubuh. Saat berpuasa tentulah badan kita akan kekurangan cairan sehingga menjadikan badan seperti panas dalam. Rumput laut memiliki kandungan yang dapat menstabilkan panas dalam sahabat akibat kekurangan cairan.

4. Sandwich ala rumahan

Sandwich, dari namanya saja kemungkinan banyak orang beranggapan makanan yang sulit diolah. Namun, sahabat muslim sekalian bisa mengolah sandwich ala rumahan sendiri yang sehat dan enak untuk berbuka. Selain itu, bahan yang diperlukan pun mudah didapatkan yakni, roti tawar, telur, mentega, bakso dan daun bawang. Mudah bukan? Yuk silahkan dicoba.

5. Bubur kacang hijau mutiara

Kemudian bagi sahabat pecinta bubur untuk menu buka puasa bisa mencoba membuat bubur kacang hijau mutiara. Selain yang rasanya enak, kacang hijau mengandung banyak serat yang sangat baik untuk kesehatan. Serat sangat dibutuhkan tubuh kita, apalagi saat berpuasa sekarang ini.

Baiklah sahabat sekalian, itulah tadi 5 menu takjil yang sangat cocok untuk berbuka puasa. Selain rasanya yang enak, kandungan gizi dan serat pun akan terpenuhi.

0 komentar:

Posting Komentar