Home » » Manfaat Melakukan Pembatasan Sosial di Tengah Pandemi Corona

Manfaat Melakukan Pembatasan Sosial di Tengah Pandemi Corona

Pembatasan sosial memang menjadi hal yang penting untuk diperhatikan di tengah merebaknya pandemi corona ini. Pasalnya penularan virus corona dapat terjadi antara manusia ke manusia lainnya, sehingga perlu dilakukan pembatasan sosial. Lalu mengapa pembatasan ini penting untuk dilakukan? Marik simak informasi seputar manfaat melakukan pembatasan sosial di tengah pandemi corona berikut ini. 

Manfaat Melakukan Pembatasan Sosial di Tengah Pandemi Corona

4 Manfaat Melakukan Pembatasan Sosial di Tengah Pandemi Corona

Jika melihat kenyataan di lapangan pada hari ini, maka penyebaran virus corona memang semakin mengkhawatirkan. Pasalnya jumlah kasus yang dinyatakan positif terinfeksi corona semakin bertambah. Pemerintah sendiri telah melakukan berbagai upaya dalam mencegah penyebaran virus corona ini, salah satu upaya yang dilakukan adalah pembatasan sosial. 

Pembatasan sosial dapat dipahami sebagai upaya dalam mengurangi aktivitas yang mengharuskan kontak langsung antara satu orang dengan orang lain. Pembatasan ini sendiri diyakini sebagai upaya yang cukup ampuh dalam menangani kasus penyebaran corona di tanah air. Agar semakin paham tentang pembatasan sosial ini, mari simak 4 manfaat melakukan pembatasan sosial di tengah pandemi corona berikut ini. 

1. Memutus rantai penyebaran virus Corona

Salah satu tujuan utama dari pembatasan sosial di tengah wabah corona adalah untuk memutuskan rantai penyebaran virus Corona tersebut. Sebab jika hal tersebut tidak dilakukan maka penyebaran tersebut akan semakin merambah hingga ke seluruh wilayah Indonesia.

2. Melarang masyarakat keluar masuk daerah

Selanjutnya, pembatasan sosial dilakukan juga bertujuan untuk melarang masyarakat keluar masuk daerah seperti biasanya. Jika pelarangan tersebut tidak dijalankan tentu akan menyebabkan masyarakat bebas keluar masuk daerah dan membawa bibit virus yang sangat berbahaya. Oleh sebab itulah kebijakan tersebut dilakukan demi terjaganya masyarakat Indonesia dari penularan virus Corona.

3. Melarang membuat perkumpulan keramaian

Tujuan yang ketiga dari pembatasan sosial saat ini adalah untuk melarang masyarakat Indonesia membuat perkumpulan yang mengundang banyak orang. Perkumpulan yang ramai tentu akan mempermudah virus Corona menyebar ke banyak orang, apalagi jika berkumpul tentulah melakukan kontak fisik antara satu dengan yang lainnya.

4. Membatasi aktivitas di luar rumah

Adanya aturan pembatasan sosial menyebabkan masyarakat mengurangi aktivitas di luar rumah. Semakin berkurangnya masyarakat yang beraktivitas di luar rumah menyebabkan virus Corona tak memiliki inang untuk dijadikan tempat berkembang biak. Itulah tujuan yang diinginkan oleh pemerintah sehingga membuat aturan pembatasan sosial antar masyarakat.

Demikianlah manfaat penting diterapkannya aturan pembatasan sosial yang diselenggarakan oleh pemerintah Indonesia. Semoga kebijakan ini dapat menyebabkan virus Corona berhenti mewabah sehingga kita semua dapat beraktivitas kembali dengan normal seperti biasanya. Ingat pembatasan sosial tidaklah mengajarkan kita untuk acuh terhadap lingkungan sekitar. Namun lebih menerapkan batas aman dalam berinteraksi antara satu dengan yang lainnya.

0 komentar:

Posting Komentar