Home » » Hasil Keputusan Sidang Isbat 2020 Tentang Penetapan 1 Ramadhan 1441 H

Hasil Keputusan Sidang Isbat 2020 Tentang Penetapan 1 Ramadhan 1441 H

Seperti tahun-tahun sebelumnya, datangnya bulan Ramadhan ditandai dengan adanya sidang isbat di Tanah Air. Sidang ini akan memperhatikan kedatangan Hilal yang menjadi tanda bulan Ramadhan sudah tiba. Sidang isbat tahun ini akan diadakan pada 23 April 2020 yang nantinya akan mengumumkan kapan ibadah puasa Ramadhan dimulai. 

Hasil Keputusan Sidang Isbat 2020

Menteri Agama (Menag) yakni Fachrul Razi mengumumkan bahwa 1 Ramadhan 1441 Hijriyah bertepatan dengan hari Jumat pada 24 April 2020. Pengumuman ini didasarkan pada hasil sidang isbat yang dilakukan selepas sholat maghrib pada Kamis, 23 April 2020. Sidang isbat tersebut yang akan menentukan awal puasa jatuh pada tanggal berapa digelar di Kantor Kementerian Agama (Kemenag) yang ada di Jl. MH. Thamrin, Jakarta Pusat. 

Dalam sidang isbat tersebut dihadiri secara fisik oleh beberapa pihak, yakni Menag Fachrul Razi, Wamenag Zainut Tauhid Sa’adi, Ketua MUI KH Abdullah Zaidi, Ketua Komisi VII yakni Yandri Susanto, dan juga Dirjen Bimas Islam yakni Kamaruddin Amin. 

Selain itu dihadiri pula beberapa tokoh ormas Islam tanpa datang secara fisik, yakni ikut hadir dalam sidang secara online melalui platform meeting room online. Sedikit berbeda dibandingkan dengan sidang isbat di tahun-tahun sebelumnya. Tahun ini sidang digelar dengan mengandalkan fasilitas teleconferences karena memang dilakukan di tengah pandemi COVID-19. 

Sidang isbat ini diawali dengan paparan pemantauan hilal oleh tim Falakiyah Kementerian Agama, dan diwakili oleh Cecep Nurwendaya. Saat sidang berlangsung Cecep menuturkan jika posisi hilal sangat signifikan untuk dilihat sebab umurnya tergolong sudah tua, yakni sekitar 8 jam. 

Ditambahkan pula oleh Cecep bahwa posisi hilal sudah memenuhi kriteria visibilitas yang ditetapkan oleh MABIMS atau Menteri Agama Brunei Darussalam, Indonesia, Malaysia, dan juga Singapura. Kriteria di dalam MABIMS tersebut adalah posisi hilal sudah 2 derajat, elongasi antara bulan dengan matahari paling tidak adalah 3 derajat, dan umur hilal itu sendiri minimal sudah 8 jam. 

Sementara saat sidang isbat digelar di Jakarta, pengamatan yang dilakukan di Pelabuhan Ratu sudah menunjukan posisi 3.72 derajat dan umurnya sudah 8 jam lebih 23 menit dan 5 detik. 

Usai Cecep memaparkan hasil pengamatan hilal yang dilakukan di Pelabuhan Ratu, kemudian sidang digelar secara tertutup. Sidang juga dilakukan bersama tim rukyat dan mempertimbangkan hasil laporan pengamatan tim rukyat tersebut. Setelah sidang selesai digelar, Kemenag beserta Ormas Islam dan para tamu undangan menetapkan 1 Ramadhan 1441 Hijriyah adalah pada 24 April 2020. 

Keputusan sidang isbat ini kemudian menetapkan bahwa ibadah puasa Ramadhan dimulai pada Jumat 24 April 2020. Sahur pertama dilakukan pada 24 April 2020 dini hari, dan tentunya banyak umat Islam yang berharap pandemi COVID-19 sudah selesai sebelum lebaran tiba.

0 komentar:

Posting Komentar