Home » » Daftar Daerah di Indonesia yang Menerapkan Local Lockdown Akibat Covid-19

Daftar Daerah di Indonesia yang Menerapkan Local Lockdown Akibat Covid-19

Sampai hari ini indonesia memang masih berusaha untuk melawan penyebaran virus corona. Berbagai hal pun telah dilakukan dan bahkan telah muncul saran untuk melakukan lockdown. Secara resmi pemerintah sendiri belum melakukan keputusan lockdown, namun di sejumlah daerah telah lebih dulu melakukannya guna menjamin keselamatan warganya. Daerah mana saja yang telah melakukan lockdown? Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.  

Daftar Daerah di Indonesia yang Menerapkan Local Lockdown Akibat Covid-19

5 Daerah di Indonesia yang Menerapkan Lockdown Akibat Covid-19

Lockdown memang dipandang sebagai cara yang ampuh untuk membatasi penyebaran covid-19. Di Indonesia sendiri terdapat sejumlah daerah yang berinisiatif untuk melakukan lockdown. Berikut ini 5 daerah di indonesia yang telah menerapkan lockdown akibat covid-19. 

1. Papua

Gubernur dari papua yakni bapak Lukas Enembe menyatakan bahwa akses transportasi laut dan udara sementara di tutup agar penyebaran virus tersebut dapat terputus. Langkah tersebut sangatlah tepat sebab dengan begitu maka masyarakat tidak dapat bepergian kemana-mana.

2. Tasikmalaya

Kebijakan lockdown dilakukan karena adanya masyarakat yang terinfeksi virus corona sebanyak 5 orang. Tentunya hal tersebut menjadikan masyarakat menjadi resah dan khawatir sehingga pada tanggal 31 maret 2020 kemarin, walikota Tasikmalaya resmi menutup akses masuk maupun ke luar daerah.

3. Tegal

Walikota Tegal telah menyiapkan dana bencana sebesar Rp 2 miliar yang akan diberikan kepada masyarakat miskin. Masyarakat miskin yang akan mendapatkan dana tersebut adalah yang terdampak virus Corona. Selain itu, walikota Tegal juga telah lockdown akses keluar masuk, namun jalan provinsi serta jalan nasional tetap dibuka. Kebijakan tersebut telah dimulai sejak tanggal 30 maret 2020 lalu. Hal tersebut dilakukan agar masyarakat tersebut tidak ada lagi yang terinfeksi virus yang sangat berbahaya tersebut.

4. Maluku

Selanjutnya, Kota Maluku juga menerapkan hal yang serupa, yakni karantina daerah selama wabah Covid-19 mewabah di Indonesia. Bahkan gubernur bawak Ismail menyatakan telah menutup akses laut dan udara, hal tersebut telah dikonfirmasi tidak akan mengganggu perekonomian masyarakat setempat. Apalagi persiapan kebutuhan pokok telah disiapkan untuk 5 bulan ke depan selama karantina.

5. Solo

Walikota Solo juga telah mengambil kebijakan yakni semi lockdown yang menutup akses di sebagian daerah yang ada di Solo. Kebijakan tersebut dilakukan dengan cara meliburkan sekolah selama 14 hari, menutup tempat wisata serta membatalkan acara yang melibatkan orang banyak. Kebijakan tersebut akan diperpanjang mengikuti dengan keadaan yang terjadi saat ini. Hal tersebut dilakukan agar virus Corona tidak mewabah di daerah tersebut.

Selain ke 5 daerah yang ada di Indonesia tersebut, masih ada beberapa daerah lagi yang menerapkan lockdown akibat virus Corona. Oleh sebab itu, selama virus tersebut masih mewabah sebaiknya kita semua di rumah saja dulu, jangan kemana-mana agar kita semua senantiasa terlindungi dari virus tersebut.

0 komentar:

Posting Komentar