Home » » Tata Cara Check Saldo BPJS Ketenagakerjaan

Tata Cara Check Saldo BPJS Ketenagakerjaan

BPJS Ketenagakerjaan merupakan salah satu bentuk jaminan yang akan didapat oleh para pekerja. Biasanya jaminan akan diproses dan didaftarkan langsung oleh perusahaan atau pemberi kerja. Sama seperti layanan BPJS lainnya, BPJS Ketenagakerjaan pun memiliki iuran wajib yang harus dibayarkan. Iuran ini sendiri dapat dikeluarkan dari jumlah gaji atau upah yang diterima oleh pekerja. Jika memang mengharuskan melakukan pencairan dana, maka peserta BPJS Ketenagakerjaan harus tahu terlebih dahulu jumlah saldonya. Agar tidak bingung, berikut informasi seputar tata cara check saldo BPJS Ketenagakerjaan. 

Tata Cara Check Saldo BPJS Ketenagakerjaan

4 Langkah Mudah Mengetahui Saldo BPJS Ketenagakerjaan

Saldo BPJS Ketenagakerjaan sendiri dapat berasal dari iuran wajib yang rutin dibayarkan oleh peserta. Saldo BPJS Ketenagakerjaan dapat ditarik oleh peserta dengan tetap memperhatikan ketentuan yang berlaku. Sebelum ingin menarik saldo, ada baiknya terlebih dahulu mengetahui cara mengecheck saldo BPJS Ketenagakerjaan. Perhatikan langkah-langkahnya berikut ini.

1. Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan Melalui Website Secara  Online

Cara pertama yang dapat dilakukan untuk mengetahui saldo BPJS Ketenagakerjaan adalah dengan mengakses website resmi BPJS. Setelah berada di halaman dashboard BPJS, maka pilih menu layanan peserta, dan kemudian pilih sub menu tenaga kerja. Jika memang memerlukan pembuatan akun terlebih dahulu, maka ikuti prosedur registrasinya dengan benar. Selanjutnya peserta dapat mencoba untuk log in pada akun BPJS TK dan mencari tahu informasi saldo BPJS Ketenagakerjaan yang dimiliki. 

2. Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan Melalui Aplikasi Mobile BPJS

Cara selanjutnya yang juga dapat dicoba adalah melakukan pengecheckan saldo BPJS Ketenagakerjaan melalui aplikasi mobile. BPJS sendiri memang memiliki aplikasi mobile yang dapat didownload dengan mudah, baik bagi pengguna android maupun ios. Tentunya peserta harus terlebih dahulu menginstal aplikasi dan melakukan proses registrasi pada aplikasi tersebut. Setelah itu akan muncul rincian data peserta BPJS Ketenagakerjaan dan juga jumlah saldo yang dimiliki. 

3. Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan Melalui SMS

Selain dapat dilakukan secara langsung melalui website dan aplikasi mobile BPJS, cek saldo BPJS Ketenagakerjaan juga dapat dilakukan via SMS. Sebelum melakukan hal ini, maka ada baiknya peserta mencari tahu terlebih dahulu kontak resmi dari BPJS untuk melakukan pengecekan saldo ini. Setelah itu, kirim sms dengan format “Saldo (spasi) nomor peserta” ke nomor kontak yang telah didapat tadi. Tunggulah balasan SMS dari nomor tersebut yang akan memberitahukan jumlah saldo BPJS Ketenagakerjaan saat ini.

Jika diperhatikan maka langkah atau tata cara mengecheck saldo BPJS Ketenagakerjaan cukup mudah untuk dilakukan. Namun jika memang mengalami kendala, maka peserta dapat meminta bantuan pada customer service BPJS. Selain itu, ingatlah pula untuk senantiasa mengeluarkan iuran wajib BPJS Ketenagakerjaan. Sebab hal itu nantinya akan berdampak pada layanan sosial yang akan diterima.

0 komentar:

Posting Komentar