Home » » Pengaruh Penetapan Lockdown Bagi Perekonomian di Indonesia

Pengaruh Penetapan Lockdown Bagi Perekonomian di Indonesia

Lockdown pada dasarnya mulai banyak dibicarakan seiring dengan merebaknya virus corona. Pasalnya lockdown dipandang menjadi salah satu upaya efektif yang dapat dilakukan agar virus ini tidak menyebar secara luas. Lockdown sendiri diberlakukan dengan memperhatikan berbagai pertimbangan yang matang. Lalu bagaimana jika lockdown diterapkan di indonesia? Dan bagaimana pengaruhnya terhadap perekonomian negeri ini? Penjelasan lengkapnya dapat disimak pada informasi berikut.

Pengaruh Penetapan Lockdown Bagi Perekonomian di Indonesia

Prediksi Pengaruh Lockdown Terhadap Ekonomi Indonesia

Sebagaimana telah dikemukakan pada bagian awal tadi, bahwa lockdown memang dianggap menjadi cara yang efektif untuk mengurangi penyebaran virus corona. Lockdown sendiri dapat dilakukan setelah melalui pertimbangan yang komprehensif. Di Indonesia hingga saat ini belum menetapkan secara resmi pemberlakuan lockdown. Mengapa demikian?

Pemerintah indonesia sampai saat ini memang belum memberlakukan lockdown secara resmi. Tentunya upaya tersebut kemungkinan akan dilakukan jika memang mengharuskan untuk dilakukan. Jika memperhatikan keadaan sekarang, maka saat ini pemerintah sejatinya telah melakukan lockdown secara ringan. Upaya tersebut berwujud dalam bentuk pembatasan aktivitas masyarakat di seluruh wilayah di negeri ini. 

Pemerintah menyerukan agar masyarakat di setiap daerah tidak banyak menghabiskan waktunya di luar. Jika memang tidak memiliki kegiatan yang penting, maka sebaiknya di rumah saja dengan melakukan berbagai kegiatan bermanfaat bersama keluarga. Bahkan pemerintah juga menganjurkan agar masyarakat bekerja dari rumah (sesuai dengan ketentuan dari masing-masing tempat kerja). 

Lalu bagaimana jika lockdown yang sesungguhnya dilakukan secara real di indonesia? Terkait dengan perkara ini, sebenarnya isunya pun telah digaungkan sejak kemunculan virus corona di wuhan, china. Banyak diantara masyarakat indonesia yang memberikan saran agar pemerintah segera melakukan lockdown. Tujuannya adalah untuk meminimalisir dan mencegah masuknya virus tersebut ke negeri tercinta. Namun hingga kini lockdown pun belum secara resmi diumumkan oleh pemerintah.

Andai kata lockdown pun diberlakukan, maka telah banyak diantara para pakar mengemukakan pendapatnya. Khususnya berkaitan dengan perekonomian, maka diantar pendapat menyebutkan akan adanya kepanikan di tengah masyarakat. Hal ini pun dibuktikan dengan awal-awal merebaknya corona di tanah air dan adanya isu lockdown, maka masyarakat langsung berbondong menyetok kebutuhan hidupnya. 

Pendapat lain juga menyebutkan bahwa lockdown akan dapat memperkeruh sistem perekonomian di indonesia yang notabene saat ini sedang berjuang untuk meningkatkannya. Diprediksi bahwa perekonomian akan mengalami penurunan, khususnya pada level menengah ke bawah. Oleh sebab itu, sejumlah pihak menyarankan agar pemerintah tidak terburu-buru dalam menetapkan lockdown. Sebab pengaruhnya diprediksi akan berimbas pada perekonomian indonesia. 

Terlepas dari wacana lockdown dan pengaruhnya terhadap ekonomi indonesia, maka sudah menjadi keharusan bagi Anda untuk mentaati pemerintah. Patuhilah segera ketentuan yang telah ditetapkan di tengah merebaknya virus corona ini. Dengan begitu Anda pun dapat terselamatkan dari infeksi corona yang kian hari makin bertambah jumlah kasusnya.

0 komentar:

Posting Komentar