Home » » Pemakaian Listrik Boros, Ikuti Solusi Hemat Listrik Berikut Ini

Pemakaian Listrik Boros, Ikuti Solusi Hemat Listrik Berikut Ini

Sepertinya hampir semua kegiatan rumah tangga berkaitan dengan listrik. Namun, pastinya Anda pun sangat paham bahwa listrik tidak didapatkan secara gratis. Ketika Anda tidak cermat dalam pengelolaan penggunaan sumber daya listrik di rumah maka bukan tak mungkin tagihan listrik Anda siap-siap membengkak. Masalah boros listrik sepertinya menjadi hal yang cukup sering terjadi di masyarakat. Apakah Anda pun mengalami masalah yang sama?

Pemakaian Listrik Boros, Ikuti Solusi Hemat Listrik Berikut Ini

Tips supaya Tidak Boros Listrik

Ada berbagai penyebab mengapa Anda bisa sampai boros listrik yang membuat tagihan bulanan pun menjadi membengkak. Tak jarang Anda melakukan beberapa kebiasaan jelek yang membuat listrik terpakai sia-sia. Untuk menghindari pemborosan listrik, solusi berikut ini sepertinya bisa membantu Anda lebih berhemat pengeluaran.

1. Cabut Peralatan ELektronik dari Saklar saat Tidak Dipakai

Langkah pertama yang bisa Anda lakukan untuk lebih menghemat listrik adalah dengan mencabut semua peralatan elektronik dari saklarnya saat tidak digunakan baik pengisi daya ponsel, setrika, TV, ataupun perangkat elektronik lainnya. Meninggalkan peralatan elektronik dengan kabel yang masih tertancap di saklar meski dalam kondisi mati bisa membuat listrik tetap mengalir dalam kabel tersebut. Kebiasaan tersebut sebaiknya mulai Anda minimalisir untuk menghindari pemborosan listrik.

2. Hemat Pemakaian Lampu

Tak jarang dijumpai lampu yang masih menyala di siang hari. Anda sebaiknya mulai membatasi pemakaian lampu terutama saat siang hari. Ini bisa jadi salah satu langkah untuk menghemat listrik. Saat siang, Anda bisa memenuhi pencahayaan dengan memanfaatkan cahaya alami sinar matahari. Sedangkan, ketika malam hari, gunakan lampu sesuai dengan kebutuhan saja. Anda tak perlu menyalakan lampu di keseluruhan ruangan. Matikan lampu ketika meninggalkan ruangan. 

Selain itu, Anda sebaiknya juga mulai beralih menggunakan lampu LED yang diklaim lebih hemat energi listrik. Meski hemat daya, lampu LED nyatanya tetap memiliki pijar yang terang dan jauh lebih tahan lama. Ini bisa jadi salah satu solusi untuk lebih hemat listrik.

3. Beralih ke Sistem Pulsa

Ternyata penggunaan sistem listrik dengan pulsa bisa jadi salah satu cara untuk menghindari pemborosan listrik. Listrik pulsa lebih mudah dikelola penggunaannya karena disesuaikan dengan kebutuhan yang bisa Anda rancang dalam satu bulan. Ketika pulsa listrik habis maka secara otomatis aliran listrik terputus di rumah Anda. Penggunaan sistem pulsa listrik ini akan efisien bila Anda juga memahami dengan baik kebutuhan listrik Anda seberapa banyak di tiap bulannya. 

Beberapa solusi diatas hanyalah sebagian alternatif yang bisa diaplikasikan untuk menghindari pemborosan listrik. Melakukan penghematan listrik tak hanya berpengaruh terhadap semakin hematnya tagihan bulanan Anda melainkan juga menjadi salah satu cara untuk menjaga bumi yang sudah semakin tua ini.

0 komentar:

Posting Komentar