Home » » Mengenal Syarat Mengajukan Pinjaman Modal di Bank

Mengenal Syarat Mengajukan Pinjaman Modal di Bank

Mengajukan pinjaman di bank merupakan hal lumrah yang telah dilakukan oleh banyak orang. Biasanya ada berbagai keperluan yang mengharuskan pinjaman tersebut diajukan, salah satunya adalah keperluan modal usaha. Modal sendiri memang menjadi hal penting yang harus dimiliki agar usaha dapat berjalan. Kecil atau besarnya modal tergantung jenis maupun rencana usaha yang ingin dijalani. Agar tidak salah langkah, berikut beberapa syarat yang harus dimengerti ketika ingin mengajukan pinjaman  modal di bank.

Mengenal Syarat Mengajukan Pinjaman Modal di Bank

Syarat-Syarat Mengajukan Pinjaman Modal Pada Bank

Sebelum memutuskan mengajukan pinjaman modal bank, maka ada baiknya Anda mengenal terlebih dahulu aturan pinjaman modal yang ada di bank. Pinjaman modal di bank sendiri dapat dikenal pula dengan istilah kredit usaha rakyat (KUR). KUR ini merupakan kegiatan resmi yang dinaungi oleh payung hukum. Biasanya KUR  akan diberikan kepada  para pelaku usaha yang memiliki usaha yang sedang berjalan. 

Kemudian pada pinjaman di bank ini juga terdapat sejumlah ketentuan bunga yang harus diperhatikan. Bila memungkinkan carilah bank dengan bunga ringan atau jika memungkin memilih bank dengan sistem syariah. Peminjaman modal di bank tentu harus dikaji secara matang. Sebab Anda dituntut tidak hanya mampu meminjam, namun juga harus mampu mengembalikan uang pinjaman secara perlahan. Apabila memang telah merasa yakin untuk mengajukan pinjaman, maka coba perhatikan beberapa syaratnya berikut ini. 

1. Harus Ada KTP dan KK

Syarat pertama yang harus dimiliki ketika ingin mengajukan pinjaman modal di bank adalah harus ada KTP dan KK. Barangkali dua persyaratan ini merupakan hal lumrah yang akan diperlukan ketika ingin berurusan dengan bidang administrasi. KK dan KTP nantinya akan digunakan oleh pihak bank guna mendata orang yang akan melakukan pinjaman. Biasanya pihak bank akan memerlukan KTP dan KK dalam bentuk fotokopi, namun Anda juga dapat membawa dokumen aslinya sebagai bentuk verifikasi data.

2. Memiliki Rekening Tabungan 

Syarat berikutnya yang harus diperhatikan adalah rekening tabungan. Ketika memang ingin melakukan pinjaman modal di bank, maka pastikanlah bahwa Anda memiliki rekening tabungan bank yang dituju. Jika belum, maka segera buat terlebih dahulu melalui customer service bank. Tenang saja cara dan proses pembuatan rekening tabungan ini cukup sederhana dan tidak memerlukan waktu banyak.

3. Memiliki Slip Gaji

Syarat lainnya yang diperlukan adalah memiliki slip gaji. Biasanya slip gaji yang diperlukan adalah slip gaji beberapa bulan terakhir. Melalui slip gaji ini bank akan melihat dan menimbangkan apakah ajuan pinjaman nasabah dapat diterima atau tidak. 

Selain dari pada syarat di atas, maka Anda dapat segera mengkonsultasikannya kepada pihak bank. Jika memang memerlukan persyaratan tambahan maka Anda dapat segera memenuhinya. Setelah itu, jangan lupa gunakan modal dengan sebaik-baiknya dan ingatlah untuk membayar pinjaman tepat pada waktunya.

0 komentar:

Posting Komentar