Home » » Mempelajari Bisnis di Usia Muda

Mempelajari Bisnis di Usia Muda

Berbisnis di usia muda? Mengapa tidak? Bukankah saat ini sudah banyak pengusaha sukses yang berasal dari generasi milenial? Apakah kamu selanjutnya?

Banyak hal bisa dilakukan sejak usia masih muda, termasuk menjalankan sebuah bisnis. Selain karena semangat yang tinggi,peluang yang tersedia juga lebih luas. Kamu masih punya kesempatan untuk mencoba bermacam bisnis untuk menemukan mana yang paling tepat atau lebih mengoptimalkan lagi passion dan bakat terbaikmu saat ini.

Mempelajari Bisnis di Usia Muda

Gambaran Peluang Bisnis di Usia Muda

Belum ada gambaran, bisnis seperti apa yang bisa kamu jalani untuk menyalurkan semangat jiwa petualang di usia muda? Coba simak beberapa rekomendasi berikut:

1. Blogger dan Freelancer Online

Punya keahlian di bidang tertentu? Jadikan itu sebagai modal utama untuk menjadi seorang pekerja lepas yang punya fleksibilitas. Dalam dunia freelance, kamu bisa memperoleh pendapatan dari pekerjaan-pekerjaan yang sesuai dengan minat dan bakatmu. Misalnya seorang penulis konten, programmer dan desainer grafis. Atau kamu buat saja fokus membuat konten kreatif di blog sendiri dan dioptimasi sebagai alat penghasil uang yang praktis bermodalkan PC atau laptop dan jaringan internet.

2. Toko online

Jualan produk masih menjadi salah satu bisnis yang paling potensial, hingga saat ini. Kalau budget terbatas, kamu bisa membuat toko online. Ada banyak situs marketplace yang bisa kamu manfaatkan sebagai tempat melapak tanpa harus memikirkan biaya sewa dan stok barang. Pilih produk yang benar-benar kamu pahami, misalnya jualan baju-baju kalau kamu punya minat dalam dunia fashion.

3. Kuliner

Suka jajan? Kenapa ga coba ikut jualan? Untuk pemula, kamu bisa gabung bisnis franchise makanan atau minuman yang lagi hits saat ini. Atau kamu juga bisa bereksperimen resep dan menjajakan hasil kreasimu. Tidak harus langsung sewa lapak dan beli berbagai peralatan loh. Tapi kamu bisa memulainya dengan menawarkan ke teman-teman kampus. Kemudian, pasang iklan di akun sosial media agar lebih banyak orang tahu kalau kamu jualan makanan atau minuman enak.

4. Kafe skala kecil

Ingin berbisnis bersama teman-teman? Buka saja sebuah cafe kecil-kecilan. Kalian bisa patungan untuk sewa lapak kecil, beli perlengkapan dan peralatan. Dekor ruangan sedemikian rupa sehingga menjadi nyaman tidak hanya untuk makan atau minum, tapi juga nongkrong dan kerjakan tugas. Karena target pasarnya nanti dari kalangan anak muda, harga yang dibandrol juga harus disesuaikan sama kantong mereka ya.

5. Les private

Kamu menguasai mata pelajaran tertentu seperti matematika, bahasa inggris atau fisika? Mengapa tidak jadi guru private saja? Kalau modalmu terbatas, buka saja jasa private panggilan. Jadi, kamu tidak perlu sediakan tempat tetapi cukup datang ke rumah murid. Ada pula peluang sebagai tutor online, dimana kamu hanya membutuhkan koneksi internet yang lancar, misalnya dengan bergabung di situs Ruang Guru.

Berbisnis tidak harus dimulai dengan modal besar ataupun menunggu sampai kamu dapat gelar sarjana. Manfaatkan saja waktu luang yang ada untuk mengoptimalkan keahlian dan minat yang kamu miliki. Bila perlu ajak teman-teman biar bisa berbisnis bersama.

0 komentar:

Posting Komentar