Home » » Memahami Lebih Jauh Tentang BPJS Ketenagakerjaan

Memahami Lebih Jauh Tentang BPJS Ketenagakerjaan

BPJS, barangkali istilah satu ini cukup sering digaung-gaungkan, terlebih oleh kalangan pemerintahan. BPJS sendiri merupakan salah satu bentuk pelayanan sosial yang diberikan oleh pemerintah bagi masyarakat. Produk yang ditawarkan oleh BPJS sendiri cukup beragam, diantaranya adalah BPJS Ketenagakerjaan. Lalu apa sebenarnya BPJS ketenagakerjaan ini? Simak penjelasan lengkapnya berikut. 

Memahami Lebih Jauh Tentang BPJS Ketenagakerjaan

Definisi BPJS Ketenagakerjaan

Sebagaimana telah diuraikan sebelumnya bahwa BPJS merupakan bentuk pelayanan pemerintah kepada masyarakat Indonesia. Melalui BPJS ini pemerintah berusaha untuk menjangkau semua lapisan masyarakat agar mendapatkan pelayanan sosial yang maksimal. Lalu bagaimana dengan BPJS ketenagakerjaan?

BPJS ketenagakerjaan merupakan bentuk perlindungan yang diberikan oleh pemerintah bagi seluruh tenaga kerja. Perlindungan ini diberikan dengan tujuan agar meminimalisir risiko kerugian akibat permasalahan sosial ekonomi. Mekanisme dari BPJS Ketenagakerjaan sendiri diatur dalam sistem asuransi sosial. Tentunya ketika telah resmi terdaftar sebagai anggota BPJS, maka harus rutin dan aktif melakukan pembayaran iuran.

Manfaat Mengikuti BPJS Ketenagakerjaan

Sebagai warga negara yang baik dan tenaga kerja yang tauladan, maka ada baiknya mengikuti BPJS Ketenagakerjaan. Proses pendaftaran keanggotaannya sendiri cukup sederhana dan dapat dilakukan dengan mudah di semua kantor BPJS. Masih ragu? Coba pertimbangkan beberapa manfaat menjadi anggota BPJS ketenagakerjaan berikut. 

1. Memperoleh Perlindungan Resmi dari Pemerintahan

Manfaat pertama dari mengikuti BPJS Ketenagakerjaan adalah memperoleh perlindungan resmi dari pemerintahan. Melalui BPJS ini setiap tenaga kerja akan mendapatkan perlindungan resmi dari pemerintah. Sehingga ketika terjadi kecelakaan kerja (misalnya), maka akan segera diproteksi melalui layanan BPJS.

2. Memperoleh Jaminan di Hari Tua

Manfaat kedua yang tidak kalah menariknya adalah melalui keanggotaan pada BPJS ketenagakerjaan ini, maka setiap peserta akan mendapatkan jaminan di hari tua. Pemerintah melalui BPJS ini juga memberikan produk jaminan hari tua kepada pesertanya. Sehingga melalui BPJS ini para peserta akan merasa terhadap nasib hari tua mereka di kemudian hari.

3. Adanya Santunan Kepada Keluarga Ahli Waris

Manfaat selanjutnya dari pelayanan BPJS ini adalah adanya santunan kepada ahli waris. Melalui BPJS ini tenaga kerja dapat mendaftarkan diri program jaminan kematian. Melalui program ini pemerintah akan memberikan santunan kepada ahli waris peserta yang meninggal dunia. Tentunya hal itu harus memenuhi persyaratan dan ketentuan yang berlaku.

Jika diperhatikan maka BPJS Ketenagakerjaan ini memiliki manfaat yang baik kehidupan tenaga kerja yang ada di Indonesia. Tentunya mereka dapat melakukan klaim berdasarkan ketentuan asuransi sosial yang ditentukan. Tertarik untuk mengikutinya? Segera kunjungi kantor BPJS dan daftarkan diri. Selain itu, calon peserta juga dapat meminta perusahaan tempat mereka bekerja untuk mendaftarnya. Demikianlah informasi tentang BPJS ketenagakerjaan, semoga dapat memberikan wawasan untuk memahami bentuk program layanan sosial tersebut. 

0 komentar:

Posting Komentar