Home » » Langkah Bijak dan Tepat Menggunakan Kartu Kredit

Langkah Bijak dan Tepat Menggunakan Kartu Kredit

Apakah para sobat pembaca setia memiliki kartu kredit? Jika iya, bijaklah dalam menggunakannya. Kartu kredit memiliki fungsi sebagai pemberi kemudahan dari pihak perbankan bagi siapa saja yang ingin menggunakannya dengan cara berhutang dan mencicil barang. Namun, fungsi tersebut juga dapat menjadi masalah besar bagi penggunanya sebab jika penggunaan kartu tersebut tidak tepat dan bijak maka akan menjadi terlilit hutang yang banyak.

Bisa saja pengguna tidak menyadari sudah berapa banyak pinjaman uang yang digunakan dalam kartu kredit tersebut untuk kepentingannya. Itulah sebabnya sangat diperlukan sikap yang bijak dalam menggunakan kartu kredit ini. Caranya sangat mudah, ikuti saja penjelasan di bawah ini.

Langkah Bijak dan Tepat Menggunakan Kartu Kredit

4 Langkah Bijak Menggunakan Kartu Kredit

Kartu kredit memang sangat membantu bagi siapa saja yang memilikinya sebab dapat membeli apapun yang diinginkan tidak perlu memiliki uang cash. Akan tetapi harus bijak dalam menggunakannya agar fungsinya berjalan sesuai yang diinginkan. Langkah bijak tersebut akan diuraikan dalam penjelasan di bawah ini.

1. Belilah barang yang memang benar-benar dibutuhkan

Langkah bijak yang pertama dalam menggunakan kartu kredit adalah membeli barang yang memang benar-benar dibutuhkan. Jangan membeli barang yang hanya untuk berpoyah-poyah saja yang belum diketahui untuk apa kegunaannya. Pada dasarnya jika menggunakan kartu kredit saat berbelanja terasa menyenangkan sebab uang yang dikeluarkan tidak tampak secara langsung, namun ketika akan membayar tagihannya akan sangat merugikan.

2. Bayarlah tagihan kartu kredit secara penuh dalam tiap bulannya

Jika memiliki kartu kredit selalu rutinlah bayar penuh tagihan tersebut setiap bulannya agar hutang tidak menumpuk. Apabila hal tersebut tidak dilakukan maka setiap bulannya akan selalu memiliki hutang yang tentunya terus bertambah dalam setiap bulannya. Pada akhirnya pengguna kartu kredit akan terlilit hutang yang sangat banyak.

3. Jangan pernah meminjamkan kartu kredit kepada orang lain

Kartu kredit yang dimiliki bersifat pribadi dan rahasia, oleh sebab  itu jangan pinjamkan kepada orang lain sekalipun itu orang terdekat. Apabila meminjamkan kartu kredit kepada orang lain, kemudian dipakai untuk hal-hal yang tidak baik, misalnya membeli segala macam barang dengan harga mahal tentulah si pemilik kartu yang akan repot nantinya. Tagihan tersebut harus dibayar pemilik kartu meskipun yang menggunakannya orang lain sebab data yang tercantum adalah data pemilik kartu.

4. Jangan pernah mencoba menarik uang tunai menggunakan kartu kredit

Jika ingin menarik uang tunai gunakanlah kartu ATM dari tabungan sendiri, jangan sesekali menggunakan kartu kredit untuk mengambilnya. Sebab itu kan menjadi kebiasaan yang buruk nantinya. Masa depan akan terancam dengan hutang yang menumpuk pada kartu kredit.

Baiklah sobat, cermatilah 4 uraian di atas mengenai langkah bijak menggunakan kartu kredit jika tidak ingin masa depan menjadi hancur. Jangan terlalu sering menggunakan kartu kredit sebab itu merupakan hutang wajib dibayar.

0 komentar:

Posting Komentar