Home » » Intip Cara Bijak Gunakan Kartu Kredit supaya Tidak Boros

Intip Cara Bijak Gunakan Kartu Kredit supaya Tidak Boros

Seiring dengan semakin banyaknya penawaran produk maupun layanan, tak sedikit orang tertarik untuk menggunakan kartu kredit guna memenuhi keinginannya. Penggunaan kartu kredit memang bukanlah hal yang salah karena ini merupakan salah satu bentuk kemudahan yang ditawarkan pihak lembaga perbankan bagi nasabahnya untuk berhutang dan mencicil barang. Namun demikian, penggunaan kartu kredit yang tanpa pengelolaan bijak maka bisa membuat penggunanya terjerat utang.

Intip Cara Bijak Gunakan Kartu Kredit supaya Tidak Boros

Tips Bijak dalam Menggunakan Kartu Kredit

Kartu kredit memang memudahkan. Namun di sisi lain ketika tidak digunakan dengan tepat maka ini bisa menjadi suatu masalah keuangan yang bahkan sangat rumit. Berikut ini beberapa cara bijak dalam menggunakan kartu kredit yang bisa Anda aplikasikan.

1. Beli Kebutuhan Sesuai Kemampuan

Salah satu kesalahan pengguna kartu kredit umumnya adalah membeli berbagai barang yang sebenarnya tidak mampu mereka beli. Meski kartu kredit memang ditujukan untuk memudahkan Anda mendapatkan barang yang Anda butuhkan dengan cara mencicil, pastikan Anda tidak membeli barang-barang hanya untuk memenuhi keinginan. Pilih barang yang memang Anda butuhkan dan sesuaikan dengan kemampuan keuangan Anda. Menghindari hutang kartu kredit yang membengkak bisa membuat hidup Anda jauh lebih nyaman dan damai.

2. Jangan Pernah Lewatkan Pembayaran Kartu Kredit

Banyak orang seringkali lalai terkait masalah pembayaran kartu kreditnya. Padahal, membayar hutang kartu kredit tepat waktu menjadi salah satu cara terbaik untuk menghindari tumpukan utang di kemudian hari. Ketika Anda melewatkan masa pembayaran maka pembayaran selanjutnya akan jauh lebih tinggi karena adanya sistem bunga dan beban keterlambatan yang harus dibayar.

3. Bayar Utang Kartu Kredit Secara Penuh Tiap Bulan

Tips bijak dalam menggunakan kartu kredit selanjutnya adalah dengan bersikap tanggung jawab. Pastikan Anda membayar utang kartu kredit secara penuh tiap bulan. Hal ini bertujuan untuk menghindari bunga yang semakin besar ketika Anda melakukan penundaan pembayaran. Bagaimana cara supaya bisa menerapkan hal ini? Gunakanlah kartu kredit tersebut untuk berbelanja sebesar apa yang bisa Anda bayarkan setiap bulannya sehingga tanggungan Anda pun tidak berlebih.

4. Jangan Tarik Uang melalui Kartu Kredit

Kartu kredit memberikan kemudahan bagi penggunanya untuk melakukan tarik tunai. Namun, Anda sebaiknya tidak menggunakan fasilitas ini bila Anda tak ingin mendapatkan masalah nantinya. Ketika Anda memang membutuhkan uang tunai maka Anda sebaiknya memilih untuk tarik tunai dari tabungan dalam rekening bank Anda. Perlu diingat bahwa kartu kredit merupakan alat yang bisa memudahkan Anda dalam berbelanja namun ini bukan fasilitas untuk tarik tunai uang yang sebenarnya tak Anda miliki.

5. Jangan Berlebihan Memiliki Kartu Kredit

Kartu kredit ditujukan untuk memudahkan dalam berbelanja sehingga ketika Anda memiliki semakin banyak kartu kredit maka peluang Anda untuk kesulitan mengontrol pengeluaran Anda akan semakin besar. Ini tentunya akan berdampak pada keuangan Anda. Bila Anda memang membutuhkan kartu kredit maka Anda sebaiknya tidak berlebihan. Dibandingkan memperbanyak kartu kredit, alangkah lebih baik bila Anda meningkatkan jumlah uang yang bisa Anda sisihkan untuk investasi ataupun tabungan.

Kartu kredit memang memiliki sejumlah manfaat bagi penggunanya. Namun, ketika tidak dimanfaatkan dengan bijak dan tepat maka hal ini bisa menimbulkan masalah. Inilah mengapa pertimbangkan dengan matang sebelum memutuskan untuk menggunakan kartu kredit. 

0 komentar:

Posting Komentar