Home » » Bagaimana Pengaruh Lockdown Terhadap Pendidikan di Indonesia?

Bagaimana Pengaruh Lockdown Terhadap Pendidikan di Indonesia?

Membicarakan lockdown memang memiliki daya tarik tersendiri. Pasalnya lockdown dianggap penting untuk dilakukan agar penyebaran virus corona dapat dikontrol dan bahkan dikurangi. Namun ketika lockdown diberlakukan maka pengaruhnya tidak hanya pada penyebaran virus, akan tetapi juga pada aspek kehidupan lainnya, diantaranya adalah pendidikan. Berikut akan dibahas bagaimana pengaruh lockdown terhadap pendidikan di indonesia.

Bagaimana Pengaruh Lockdown Terhadap Pendidikan di Indonesia

Pengaruh Penetapan Lockdown Terhadap Pendidikan

Lockdown dapat dipahami sebagai upaya untuk membatasi ruang gerak manusia untuk tidak keluar dari suatu tempat atau masuk ke dalam suatu tempat. Hal itu diberlakukan dengan alasan untuk menjaga keamanan dan keselamatan penghuni tempat tersebut. Jika melihat kondisi sekarang, maka penyebaran virus corona yang begitu cepat menjadikan alasan opsi ini penting untuk dilakukan. 

Namun keputusan lockdown bukan menjadi perkara sederhana dan dapat dilakukan dengan seketika. Akan tetapi lockdown harus benar-benar diperhitungkan dengan baik untuk setiap dampaknya, salah satunya adalah dampak pada pendidikan di indonesia. Jika berkaca pada kondisi saat ini, maka pendidikan indonesia cukup mengalami gangguan akibat dari penyebaran virus corona di tanah air. 

Pemerintah memberikan maklumat agar pendidikan di sekolah diliburkan dan diganti dengan sistem belajar dari rumah. Tentunya hal ini merupakan bagi dari keputusan lockdown dalam skala kecil. Ketika maklumat itu dijalankan maka dampaknya begitu terasa. Anak-anak diminta untuk belajar di rumah, sementara selama ini mereka lebih cenderung menggunakan waktunya di rumah untuk bermain. Oleh sebab itu, maklumat dari pemerintah ini harus benar-benar diperhatikan agar setiap anak tetap mampu memperoleh ilmu ditengah wabah virus ini.

Disisi lain, lockdown juga memiliki pengaruh pada sektor pendidikan perguruan tinggi. Seluruh perguruan tinggi saat ini meliburkan aktivitas perkuliahannya dan digantikan dengan sistem belajar online maupun penugasan. Tentunya jika tidak disikapi dengan bijak, maka sudah pasti akan ada kerugian dari sistem yang diterapkan itu. Terlebih ada kecenderungan bagi mahasiswa untuk memanfaatkan waktu libur dengan pulang kampung yang notabene secara tidak langsung mereka melanggar sistem belajar maupun penugasan tadi. 

Dampak lainnya yang dikhawatirkan dari lockdown terhadap pendidikan di indonesia adalah ketika masa penerimaan siswa maupun mahasiswa baru. Sampai saat ini belum diketahui secara pasti kapan wabah virus corona akan berakhir. Tentu pemerintah harus mempersiapkan rencana terbaiknya jika memang virus ini tetap ada ketika telah memasuki tahun ajaran baru. Sebab pada tahun tersebut akan terjadi proses penerimaan peserta didik baru. Biasanya para calon peserta didik akan berusaha untuk mencari tempat pendidikan terbaik, hingga keluar dari daerahnya. 

Berdasarkan beberapa hal tadi maka dapat dipahami bahwa penetapan lockdown tentu akan sangat mempengaruhi pendidikan di indonesia. Oleh sebab itu, sampai saat ini pemerintah masih mengkaji kebijakan tersebut. Agar ketika memang harus diberlakukan tidak ada aspek yang mengalami dampak terlalu buruk.

0 komentar:

Posting Komentar