Home » » Awal Mula Merebaknya Virus Corona

Awal Mula Merebaknya Virus Corona

Virus Corona atau dikenal pula dengan istilah 2019-nCoV merupakan salah satu virus yang menyedot perhatian dunia hingga saat ini. Pasalnya virus ini telah membunuh ribuan orang  sejak awal mula kemunculannya. Virus yang semula hanya berada di kawasan Asia saja, namun kini telah berhasil menyebar ke beberapa negara eropa lainnya. Lantas bagaimana sebenarnya awal mula merebaknya virus corona ini? Ingin tahu lebih lanjut, simak informasi selengkapnya di bawah ini. 

Awal Mula Merebaknya Virus Corona

Berasal Dari Wuhan dan Menyebar Ke Sejumlah Negara

Setiap hal memang memiliki asal mula kejadiannya, sehingga dapat dikenal secara luas. Demikian pula yang berlaku bagi virus corona yang berhasil menyedot perhatian dunia hingga sekarang. Berdasarkan sejumlah literatur dan media, virus mematikan ini diketahui berasal dari Wuhan, Tiongkok. Hal itu terkonfirmasi setelah pemerintah setempat memberikan kabar bahwa pada 20 Januari 2020 terdapat 3 pasien yang meninggal dunia disebabkan Virus Corona.

Virus ini diketahui memiliki dampak yang luar biasa, yaitu Pneumonia. Dampak tersebut juga ditemukan pada tiga pasien yang meninggal tadi. Sejak ditemukan di Wuhan, virus ini pun terkonfirmasi menjangkit sejumlah orang. Korbannya pun terus bertambah dan semakin meluas. Bahkan penyebaran virus kini tidak hanya berada di Wuhan saja, namun juga telah berhasil merebak ke sejumlah negara.

Ada Faktor Pasar Hewan dalam Penyebaran Virus

Hal lain yang menarik dari awal mula penyebaran virus ini adalah adanya faktor pasar hewan. Sebagaimana banyak diberitakan oleh media massa bahwa Wuhan memiliki suatu pasar yang menjual aneka hewan. Mulai dari hewan hasil laut, hingga hewan-hewan liar seperti ular dan kelelawar. Banyak para pakar menduga bahwa virus ini berasal dari hewan-hewan liar, khususnya kelelawar. Hal ini diperkuat setelah ditemukan kenyataan bahwa pasien yang mengidap virus corona ini adalah mereka yang bekerja sebagai pedagang di pasaran hewan Wuhan. 

Virus corona ini diduga berasal dari hewan liar di pasar tersebut dan menginfeksi manusia. Hal ini pun diperkuat dengan kenyataan bahwa masyarakat Wuhan terbiasa mengkonsumsi hewan liar seperti kelelawar dalam kesehariannya. Selanjutnya, virus ini pun diketahui mampu menular dari manusia ke manusia lainnya yang memiliki sistem imun rendah. Alhasil virus yang semula hanya ada pada hewan, kini telah berhasil menjangkiti manusia dan bahkan menyebar secara luas. 

Itulah tadi sedikit informasi tentang bagaimana awal mula merebaknya virus corona ini. Terlepas dari cerita tadi, maka sangat penting bagi semuanya untuk menjaga kesehatan. Terapkanlah pola hidup sehat agar dapat terhindar dari virus tersebut. Semoga saja virus corona ini dapat segera ditemukan obatnya, sehingga dapat menyembuhkan pasien yang telah terjangkit dan juga memberikan rasa aman bagi seluruh warga dunia.

0 komentar:

Posting Komentar