Home » » 8 Negara di Dunia yang Memberlakukan Lockdown karena Virus Corona

8 Negara di Dunia yang Memberlakukan Lockdown karena Virus Corona

Virus corona memang menjadi turunan dari virus penyebab SARS dan juga MERS yang sebelumnya melanda beberapa negara di dunia. Namun penyebarannya tidak separah seperti sekarang, apalagi corona memiliki kecenderungan menularkan dari orang satu ke orang lain dengan sangat cepat. Kondisi ini membuat banyak negara menerapkan sistem lockdown secara lokal maupun nasional. 

8 Negara di Dunia yang Memberlakukan Lockdown karena Virus Corona

Negara di Dunia yang Menerapkan Kebijakan Lockdown

Demi menurunkan resiko penyebaran virus corona, maka kebijakan lockdown yang membuat seluruh masyarakat terkunci di dalam rumah sendiri diterapkan. Pembatasan secara total ini memang terbukti efektif, melihat kondisi di China yang membaik. Maka diterapkan pula di  beberapa negara dengan kasus corona yang memprihatinkan. 

Berikut adalah beberapa dari sekian negara di dunia yang sudah resmi memberlakukan lockdown: 

1. China

China menjadi negara dengan kebijakan lockdown terbesar dalam sejarah, awalnya dilakukan penguncian terhadap Wuhan. Selanjutnya disusul ke 15 kota, yang kemudian meluas ke dalam 20 provinsi demi mencegah penyebaran corona yang sudah menewaskan 3.261 warganya. 

2. Italia

Italia juga mengalami kasus corona terparah dengan jumlah ribuan warga yang meninggal. Pemberlakuan lockdown pun dilakukan yang membuat negara ini sunyi senyap. Semua aktivitas dihentikan, kecuali untuk transportasi yang melayani perjalanan penting. Toko selain toko kelontong dan apotek pun ditutup. 

3. Spanyol 

Pada 14 Maret 2020 negara Spanyol resmi melakukan karantina alias lockdown yang memaksa 47 juta penduduknya berdiam di rumah. Lockdown dilakukan selama 15 hari namun bisa jadi akan ditambah sesuai perkembangan kasus corona di  negara ini. 

4. Perancis 

Senin, 16 Maret 2020 negara Perancis resmi melakukan lockdown secara nasional di negaranya. Pembatasan aktivitas dilakukan dan hanya diperbolehkan untuk keluar rumah membeli kebutuhan pokok. Pemerintah juga memastikan bahwa masyarakat yang melanggar akan dihukum. 

5. Irlandia

Irlandia juga menjadi negara yang memberlakukan lockdown secara nasional. Pertemuan di sebuah acara dibatasi maksimal hanya 100 orang, dan untuk acara di luar ruangan maksimal hanya 500 orang tidak boleh lebih. 

6. Belgia 

Belgia resmi melakukan lockdown pada 18 Maret 2020 dan diberlakukan hingga 5 April 2020. Sejumlah jadwal penerbangan ditangguhkan, dan warga diminta membatasi aktivitas. Diperbolehkan keluar rumah untuk mengunjungi supermarket, bank, dan apotek saja. 

7. Argentina

Pada 20 Maret 2020 negara Argentina juga resmi memberlakukan lockdown dan dilansir dari Gulf News kebijakan ini akan berjalan hingga akhir Maret 2020. Pemerintah mewajibkan setiap anak sekolah untuk belajar di rumah dengan sistem berbasis digital. 
  
8. Malaysia 

Dekat dengan Indonesia, negeri Jiran alias Malaysia pada 18 Maret 2020 juga resmi melakukan lockdown. Semua kegiatan bisnis ditutup kecuali untuk bisnis penyediaan bahan pangan dan kebutuhan harian. Warganya juga dilarang keluar rumah maupun keluar masuk dari dan ke negara lain. 

Pemberlakuan lockdown diharapkan membatasi interaksi antar warga sehingga penyebaran corona bisa dibatasi secara maksimal. Daftar negara di atas adalah beberapa yang resmi melakukan lockdown hingga saat ini.

0 komentar:

Posting Komentar