Home » » 7 Tempat Wisata Populer Indonesia yang Ditutup Selama Darurat Corona

7 Tempat Wisata Populer Indonesia yang Ditutup Selama Darurat Corona

Indonesia saat ini sedang dalam kondisi darurat corona, sebab sejak 2 Maret 2020 lalu sampai saat ini total kasus positif corona sudah menembus angka 600 orang lebih. Kebijakan pemerintah untuk meliburkan sekolah, kantor, menutup tempat wisata, dan tempat umum pusat keramaian pun dilakukan. 

7 Tempat Wisata Populer Indonesia yang Ditutup Selama Darurat Corona

Daftar Tempat Wisata Populer yang Ditutup Selama Darurat Corona

Membantu melakukan social distancing maka penutupan berbagai tempat wisata pun dilakukan. Terdapat sejumlah wisata populer di Tanah Air yang terpaksa ditutup untuk sementara, diantaranya adalah: 

1. Monas di Jakarta 

Di Jakarta ada sekitar 14 tempat wisata ditutup oleh Gubernur DKI Jakarta, salah satunya adalah Monumen Nasional alias Monas. Monas resmi ditutup untuk wisatawan sejak 14 Maret 2020 kemarin sampai saat ini. 

2. Alun-Alun Bandung di Bandung

Beralih ke kota Bandung, oleh Walikota Bandung yakni Oded M. Danial resmi menutup akses masuk ke Alun-Alun Bandung. Alun-alun di pusat kota ini diketahui menjadi ruang publik dan banyak wisatawan yang mampir, maka dilakukan penutupan sementara sampai epidemi corona mereda. 

3. Gili Trawangan di Lombok 

Sejak Pulau Bali ditemukan kasus positif corona, maka pihak pemerintah Lombok melakukan aksi cepat menutup akses masuk wisatawan. Sebab arus wisatawan dari Bali ke Gili Trawangan Lombok cukup tinggi, penutupan bertujuan untuk mencegah penyebaran corona di wilayah ini. 

4. Taman Balekambang di Solo 

Taman Balekambang yang ada di kota Solo selalu menjadi destinasi siapa saja untuk berkumpul bersama keluarga. Memasuki isu pandemi corona, maka tempat wisata ini kemudian resmi ditutup untuk sementara. 

5. Candi Borobudur di Yogyakarta 

Kota Yogyakarta juga melakukan penutupan terhadap sejumlah tempat wisata populer, salah satunya Candi Borobudur yang ditutup secara terbatas.Yakni sampai saat ini area Candi masih dibuka, hanya saja wisatawan tidak diperbolehkan untuk mendekat atau naik ke area candi. 

6. Museum Sangiran di Sragen 

Mencegah penyebaran virus corona, maka sejumlah tempat wisata di Jawa Tengah diputuskan untuk ditutup. Salah satunya adalah museum Sangiran yang menjadi area pameran diorama manusia purba yang ditemukan di Pulau Jawa. Penutupan yang dilakukan untuk sementara hingga batas waktu yang tidak bisa ditentukan oleh pihak pengelola. 

7. Taman Nasional Komodo 

Sebagai bentuk upaya mendukung pencegahan penyebaran virus corona atau covid-19, Balai Taman Nasional Komodo juga melakukan penutupan. Penutupan diberlakukan selama dua bulan, dimulai dari tanggal 22 Maret 2020 sampai 29 Mei 2020. 

Adanya kebijakan belajar dan bekerja dari rumah untuk masyarakat di DKI Jakarta, memang awalnya membuat banyak warga yang malah berlibur ke puncak. Kondisi ini tentu menyalahi kebijakan sebelumnya yang dilakukan pemerintah. Oleh sebab itu untuk mencegah aktivitas berkumpul di keramaian, maka banyak tempat wisata ditutup. Beberapa sudah disebutkan di atas, dan tentu akan terus bertambah sebagai upaya pencegahan penyebaran corona.

0 komentar:

Posting Komentar