Home » » Tips Mengatur Uang Gaji Agar Tak Kehabisan di Tanggal Tua

Tips Mengatur Uang Gaji Agar Tak Kehabisan di Tanggal Tua

Mengelola keuangan sangatlah penting bagi setiap orang. Tidak ada yang bisa menjamin bagaimana keadaan seseorang apabila masalah keuangan tidak dipersiapkan. Sehingga, penting untuk mengatur gaji bulanan agar uang Anda tidak habis sebelum gaji bulan berikutnya diterima. Selain itu, Anda juga perlu menabung untuk jangka waktu panjang dan persiapan dana untuk kondisi darurat.

Tips Mengatur Uang Gaji Agar Tak Kehabisan di Tanggal Tua

Agar Gaji Bulanan Tidak Habis Sebelum Tanggal Tua

1. Membuat Rancangan Anggaran Jangka Bulanan

Perencanaan anggaran dalam jangka waktu satu bulan sangat penting Anda lakukan. Kenapa demikian? Setidaknya, Anda bisa melakukan estimasi pengeluaran bulanan yang harus Anda keluarkan. Selain itu, membuat skala prioritas mulai dari kebutuhan primer dapat membantu Anda dalam membuat perencanaan kebutuhan tersier seperti, jalan-jalan dan shopping. 

2. Segerakan Membayar Tagihan

Pembayaran tagihan juga masuk dalam kategori prioritas utama. Hal ini dilakukan agar perencanaan kebutuhan utama dalam keseharian tidak mengalami gangguan. Tagihan wajib seperti, listrik, pajak maupun cicilan dapat Anda bayarkan terlebih dahulu. Tentunya, Anda dapat lebih santai mengatur pengeluaran bulanan setelah melakukan pembayaran tagihan. 

3. Jangan Lupa untuk Menabung 

Menabung merupakan salah satu aktivitas yang perlu Anda lakukan untuk menekan pembiayaan maupun pengeluaran pada kebutuhan yang tidak penting. Salah satu cara paling ampuh yang dapat Anda lakukan ialah menyisihkan uang tabungan terlebih dahulu sesuai prosentase yang telah Anda tentukan sebelum menentukan pengeluaran untuk kebutuhan lainnya. 
.
4. Tulis Pengeluaran Harian

Mencatat pengeluaran harian setiap hari dapat membantu Anda mengatur penggunaan uang dalam jangka waktu satu bulan. Selain itu, Anda dapat mengetahui ke mana arah uang yang digunakan selama ini. Sehingga, dapat membantu Anda membuat keputusan terhadap pengeluaran kebutuhan yang tidak diperlukan di bulan berikutnya.

5. Buat Rekening Lebih dari Satu

Membuat dua rekening yang berbeda merupakan salah satu solusi bagi Anda dalam mengatur masalah keuangan. Rekening pertama, dana untuk kebutuhan sehari-hari dan rekening yang lainnya untuk tabungan. Anda bisa menentukan berapa jumlah tabungan yang harus Anda tabung setiap bulannya. 

6. Gunakan Kartu Kredit Seperlunya 

Kartu kredit bisa membantu Anda dalam mengatur masalah keuangan. Tentunya, Anda harus bijak dalam mengalokasikannya. Menggunakan promo untuk pembelian barang yang sangat diperlukan penting bagi Anda. Selain itu, Anda dapat menggunakannya untuk membayar tagihan. Tetapi, jika tenggat waktu pembayaran tagihan kartu kredit Anda sudah dekat maka Anda harus mampu untuk segera melunasinya. 

7. Lakukan Investasi Sedini Mungkin

Investasi dapat Anda lakukan apabila gaji bulanan yang telah Anda atur keuangannya memiliki kelebihan dana. Terdapat banyak macam investasi yang bisa Anda ikuti seperti, reksa dana, saham maupun obligasi.

8. Gunakan Gaji Bulanan Secara Tepat

Mengatur uang gaji bulanan sebelum tanggal tua datang mendera. Tentunya, sangat penting bagi Anda dalam mencatat setiap pengeluaran setiap harinya. Selain itu, Anda harus patuh dengan perencanaan keuangan dalam jangka waktu satu bulan yang telah Anda rancang sebelumnya. Hal ini penting agar gaji bulanan Anda tidak habis sebelum tanggal tua. 

0 komentar:

Posting Komentar