Home » » Tips Aman Mendapatkan pekerjaan Melalui Sosial Media

Tips Aman Mendapatkan pekerjaan Melalui Sosial Media

Dahulu mencari pekerjaan melalui koran yang beredar dan juga bisa berasal dari informasi mulut ke mulut, namun kini tidak lagi demikian sebab semua sudah semakin lebih mudah. Informasi lowongan pekerjaan bisa didapatkan melalui internet seperti sosial media yang digunakan. Banyak sekali lowongan pekerjaan yang dipromosikan lewat sosial media, akan tetapi terkadang informasi tersebut tidak muncul di beranda sosmed semua orang. Oleh sebab itu agar informasi terkait pekerjaan tidak terlewatkan maka perlu mengikuti beberapa tips-tips berikut.

Tips Aman Mendapatkan pekerjaan Melalui Sosial Media

5 Tips Mendapatkan Pekerjaan Lewat Sosial Media 


Mencari pekerjaan saat ini memang dapat dilakukan secara online yaitu dengan membuka situs pencari kerja. Namun selain situs tersebut, sosial media juga bisa dijadikan sebagai alat pencari kerja yang terpercaya sebab tak sedikit orang yang mempromosikan pekerjaan lewat sosial media. Jika ingin mendapatkan informasi terkait pekerjaan yang ada di sosial media tersebut maka ikutilah beberapa tips berikut ini.

1. Jangan gembok akun sosial media yang dimiliki

Pada dasarnya mengunci ataupun menggembok akun sosial yang miliki merupakan langkah tepat dalam menjaga keamanan atau privasi, namun jika ingin mencari pekerjaan sebaiknya jangan lakukan hal itu. Sebab perekrut pekerja akan sulit untuk mengetahui data diri yang ada di profil sosial media milik kita jika akun tersebut di gembok. Jika demikian, maka sudah pasti Anda akan kesulitan mendapatkan pekerjaan.

2. Ikutilah group lowongan pekerjaan

Selanjutnya langkah untuk memudahkan dalam mencari pekerjaan di sosial media adalah dengan mengikuti grup lowongan pekerjaan. Grup tersebut biasanya akan selalu mengupdate tentang informasi terbaru mengenai lowongan pekerjaan.

3. Cantumkan email yang aktif

Mencantumkan email yang aktif di profil media sosial merupakan salah satu langkah mudah untuk mendapatkan pekerjaan. Pasalnya banyak diantara tim perekrut akan langsung menghubungi ke e-mail untuk menawarkan pekerjaan sesuai dengan bidang yang dibutuhkan.

4. Biasakan membersihkan isi sosial media

Tentunya para perekrut mencari tim pekerja baru tidak akan langsung bertatap muka dengan pra calon-calonnya yang ada di sosial media, mereka akan melihat kepribadian tersebut melalui postingan yang ada di sosial media tersebut. Oleh sebab itu jngan pernah memposting kata-kata kotor, gambar “nyeleneh” atau hal lain yang akan memberikan stigma negatif.

5. Tingkatkan koneksi terhadap orang yang profesional

Tingkatkanlah koneksi terhadap orang-orang yang profesional di bidang dunia kerja. Sebab dengan begitu informasi-informasi mengenai pekerjaan yang terbaik dan terpercaya akan mudah untuk didapatkan.

Itulah tadi beberapa tips yang bisa dilakukan untuk memudahkan mendapatkan pekerjaan melalui sosial media yang dimiliki. Akan tetapi jika telah mendapatkan informasi tersebut, maka terlebih dahulu kenali dan pelajarilah jenis pekerjaannya serta tetaplah berhati-hati dalam menerima pekerjaan agar terhindar dari modus penipuan.

0 komentar:

Posting Komentar