Home » » Cara Menghindari Segala Penipuan Melalui Whatsapp

Cara Menghindari Segala Penipuan Melalui Whatsapp

Maraknya pengguna sosial media menyebabkan banyak orang-orang yang tidak bertanggung jawab memanfaatkan untuk melancarkan aksi penipuannya. Salah satu sosial media yang sering dijadikan ajang penipuan adalah whatsapp dan sampai saat ini sudah banyak sekali para pengguna media tersebut terkena penipuan tersebut. Oleh sebab itu, untuk menghindari kelancaran aksi jahat itu maka lakukan hal-hal berikut ini.

Cara Menghindari Segala Penipuan Melalui Whatsapp

5 Tips Menghindari penipuan di whatsapp

Penipuan yang terjadi whatsapp bukanlah suatu hal yang mengagetkan lagi, sebab sudah banyak sekali kejadian-kejadian dengan berbagai macam modelnya. Ada yang mengaku saudara dan meminta bantuan dengan mentransferkan sejumlah uang, ada pula yang mengatasnamakan perusahaan dengan membagi-bagikan hadiah dan masih banyak lagi lainnya. Oleh sebab itu, penting sekali bagi para pengguna sosial media whatsapp untuk mengenali tips menghindari penipuan tersebut. Langsung saja simak penjelasan di bawah ini.

1. Perketat pengaturan di whatsapp

Sebagai pemilik akun, tentu dapat mengendalikan akun untuk dapat melindungi data pribadi agar kontak tidak mudah diketahui oleh penipu. Misalnya mengendalikan siapa saja yang dapat menambahkan pengguna ke dalam grup, sehingga akun whatsapp pengguna dapat lebih selektif dalam memilih group.

2. Perhatikan gaya tulisan serta bahasa yang digunakan

Penipuan di whatsapp juga sering kali mengatasnamakan kerabat pemilik akun media sosial tersebut, kemudian ia akan melancarkan aksinya dengan menyapa bak keakraban yang nyata. Hal penting yang harus dilakukan untuk menghindarinya adalah lihat gaya tulisan serta bahasanya. Apakah sama dengan kerabat yang biasa diajak chatting, jika tidak langsung saja blokir kontak tersebut.

3. Ketahui tautan yang menipu

Pada umumnya, tautan yang mencurigakan akan mengandung kombinasi karakter yang dianggap tidak wajar. Apalagi yang memberi tautan adalah nomor asing yang tidak dikenal. Sebaiknya jangan dibuka tautan tersebut dan setelah hapus pesan yang diberikan.

4. Kenali hadiah yang menipu

Jika secara tiba-tiba pengguna mendapatkan pesan yang menyatakan telah memenangkan undian dan mendapatkan hadiah jutaan rupiah sementara tidak pernah mengikuti undian dalam bentuk apapun, maka sudah dipastikan bahwa itu adalah penipuan. Apalagi jika penipu tersebut mengatasnamakan perusahaan yang memiliki nama besar sebab tidak mungkin perusahaan besar akan membagi-bagi hadiah tanpa alasan tertentu.

5. Jangan mudah percaya dengan rayuan manis

Terkadang penipu melancar aksinya dengan rayuan manis yang dilontarkannya. Misalnya ia mengatakan dari perusahan ternama dan akan memberikan hadiah berupa barang-barang mewah seperti mobil. Namun terlebih dahulu pemilik akun mentransfer sejumlah uang sebagai biaya administrasinya. Jangan mudah percaya atas hal semacam ini, sebab itu adalah modus penipuan.

Itulah beberapa tips yang harus dikenali agar terhindar dari penipuan yang beredar di media sosial whatsapp. Tentunya keasyikan dalam menggunakan whatsapp tidak mengurangi kewaspadaan terhadap upaya penipuan.

0 komentar:

Posting Komentar