Home » » Cara Aman Bertransaksi Online untuk Penjual ataupun Pembeli

Cara Aman Bertransaksi Online untuk Penjual ataupun Pembeli

Bisnis online menjadi bisnis yang semakin populer di masyarakat. Banyak orang memilih berbelanja secara online karena sangat praktis dan bisa dilakukan di sela kesibukan ataupun saat santai di rumah. Pilihan produk yang tersedia pun sangat beragam dengan harga dan kualitas bervariasi. Di sisi lain, para pelaku usaha memanfaatkan media online untuk memasarkan produknya karena mampu menjangkau pasar lebih luas  sehingga peluang raup keuntungan lebih besar semakin terbuka. 

Meski demikian, bertransaksi online tentu memiliki sejumlah risiko terutama yang berkaitan dengan penipuan. Hal ini tak hanya dari pihak penjual tetapi juga pembeli. Lantas bagaimana cara aman melakukan transaksi online? Berikut ini beberapa cara dan tips yang bisa Anda aplikasikan untuk kenyamanan dan keamanan dalam melakukan transaksi online.

Cara Aman Bertransaksi Online untuk Penjual ataupun Pembeli

Cara Aman Transaksi Online

1. Cash On Delivery (COD)

Anda bisa memilih sistem pembayaran ini karena dinilai sangat aman ketika melakukan jual beli online. Pembeli melakukan pembayaran ketika barang yang dipesan sampai di tangannya. Pembayaran ini bisa dilakukan oleh penjual langsung ataupun melalui jasa pengiriman yang digunakan. 

2. Transfer Antar Bank

Alternatif lain yang bisa digunakan ketika ingin melakukan transaksi online aman adalah dengan transfer antar bank. Dalam hal ini, pembeli sebaiknya memperhatikan terlebih dahulu bagaimana reputasi penjual sebelum memutuskan setuju untuk berbelanja. Tidak sedikit kasus penipuan terjadi dalam dunia jual beli online. Pembeli sudah mengirimkan uang yang disepakati namun barang yang dipesan tak kunjung dikirimkan. 

Di sisi lain, penjual sebaiknya juga tak mudah percaya pada bukti transfer yang dikirimkan pembeli. Pastikan untuk memeriksa apakah saldo di rekening telah bertambah sebelum melakukan proses pengiriman barang. Ketika ternyata saldo belum bertambah, penjual bisa mengkonfirmasi kepada pembeli dengan sopan karena bisa jadi masalah muncul dari pihak bank. 

3. Rekening Bersama (Rekber)

Cara aman transaksi online lain yang bisa digunakan adalah memakai rekening bersama yang mana dalam hal ini ada pihak ketiga. Pihak ketiga tersebut akan menampung dana transaksi jual beli online. Bila transaksi gagal maka uang yang masuk akan dikembalikan ke rekening pembeli 100%. Keamanan sistem pembayaran ini cukup besar sehingga baik pembeli maupun penjual bisa merasa lebih nyaman dalam bertransaksi.

4. Payment Gateway

Ini merupakan salah satu metode yang seringkali digunakan website e-commerce dengan merchant bank. Tentunya, bila Anda tertarik menggunakan sistem pembayaran ini, pastikan untuk memilih payment gateway yang memiliki kredibilitas bagus dan bekerjasama dengan berbagai bank seperti FinPay, TrueMoney, iPaymu, ataupun lainnya.

Itulah empat cara aman transaksi online yang bisa diterapkan dalam melakukan jual beli online. Keempat cara transaksi tersebut sama-sama aman asal baik pembeli maupun penjual juga cermat supaya tidak mendapati masalah ke depannya.

0 komentar:

Posting Komentar