Home » » Tips Mengelola Stok Pulsa untuk Optimalkan Bisnis Pulsa

Tips Mengelola Stok Pulsa untuk Optimalkan Bisnis Pulsa

Paham tata kelola stok pulsa memang menjadi bagian penting untuk mengelola bisnis pulsa dengan benar, supaya tak mudah tergerus persaingan. Bisnis pulsa memang memiliki pesaing yang tidak sedikit sehingga perlu menjadi pertimbangan sebelum terjun ke bidang bisnis satu ini. Hanya saja setiap orang sudah punya jatah rezekinya masing-masing, sekalipun konter pulsa ini ada di setiap sudut gang. Nyatanya ada saja pembeli yang setia membeli pulsa di konter Anda, sehingga menjalankannya tentu perlu sikap optimis yang tinggi. 

Setelah sudah punya semangat dan optimisme sudah terbangun dengan baik tinggal Anda mengelola bisnis ini dengan rapi. Bisa dimulai dari stok pulsa yang memang perlu dikelola sebaik mungkin untuk menghindari turunnya omzet penjualan. Pasalnya banyak penjual pulsa kesulitan untuk mengelola modal sehingga mudah kehabisan stok deposit, dampaknya ketika ada pembeli maka akan ditolak karena stok habis atau tidak mencukupi. Jika kejadian ini berulang sampai beberapa kali tidak tertutup kemungkinan pembeli kapok dan pindah ke konter lain. 

Tips Mengelola Stok Atau Saldo Pulsa 

Membantu mempertahankan loyalitas pelanggan di konter pulsa Anda, maka kesalahan saat mengelola stok pulsa wajib segera diperbaiki. Berikut tips yang bisa diaplikasikan:
  1. Memisahkan uang usaha dengan uang pribadi supaya ketika stok sudah menipis modal yang kembali sudah bisa dipergunakan untuk belanja deposit. 
  2. Khusus untuk penjual yang memilih sistem stok chip pastikan memperbanyak jumlah chip dari nominal pulsa yang paling diminati pelanggan, sehingga meski modal terbatas Anda bisa melayani transaksi lebih maksimal. 
  3. Rutin mengecek saldo pulsa sehingga tahu kapan waktu terbaik untuk deposit ulang dan kapan harus bersabar lagi sembari menunggu modal mencukupi untuk menyetok pulsa.
Pengelolaan saldo pulsa dengan seksama membantu mencegah sering kehabisan saldo sehingga menolak rezeki dari pembeli yang datang. Salah satu kunci sukses berdagang pulsa adalah mampu memberikan layanan yang prima, sehingga perlu meminimalisir menolak pembeli hanya karena stok habis. Kenali betul karakter masyarakat sekitar yang menjadi pelanggan pulsa Anda, jika kebanyakan membeli nominal Rp 5ribu tak perlu menyetok pulsa dengan nominal Rp 10ribu lebih banyak. Hindari pula motif hutang pulsa para pelanggan karena berpotensi membuat modal macet. 

Meski persaingan dalam bisnis pulsa terbilang sengit saking padatnya perintis bisnis jenis ini, bukan berarti Anda berjualan dengan sistem kredit. Padahal pembeli tetap membayar dengan harga normal yang tentunya semakin memperparah kondisi keuangan bisnis Anda. Jadi, usahakan hanya menerima pembelian secara kontan alias tunai untuk kemudahan tata kelola keuangan. Supaya tidak mengalami kesulitan untuk mengelola stok pulsa Anda, sebab modal yang terus berputar memberi peluang bisa melakukan deposit bahkan sebelum stok benar-benar habis. 

0 komentar:

Posting Komentar