Home » » Mengelola Pelanggan dalam Usaha Master Dealer Pulsa

Mengelola Pelanggan dalam Usaha Master Dealer Pulsa

Pelanggan dalam dunia usaha mendapatkan tempat tersendiri yang istimewa di mata para pengusaha. Hidup matinya perusahaan akan sangat tergantung pada bertambahnya pelanggan dan naik turunnya daya beli mereka. Begitupula dalam usaha master dealer pulsa pelanggan ini tidak boleh dibaikan. Oleh mengelola pelanggan dengan baik akan membantu perkembangan usaha.

Setiap pelanggan adalah pembeli, tetapi pembeli belum tentu adalah pelanggan. Hanya pembeli yang secara tetap bertransaksi dengan Andalah yang yang disebut pelanggan. Anda dan pelanggan sedikit banyak sudah sangat  mengenal hal-hal yang umum seperti nama, alamat dan nomor telpon. Sebagai pengusaha master dealer pulsa sudahkah Anda mengelola mereka seperti Anda memelihara ayam bertelur emas? 

Ayam bertelur emas hanyalah kiasan, seorang yang mempunyai ayam bertelur emas tentu akan selalu memperhatikan keadaannya. Pakan terbaik akan diberikan, kandang yang nyaman akan dibuatkan. Terhindar dari panas dan hujan, terlindung dari satwa buas yang mengganggu keselamatan. Bahkan Anda akan berjaga bergantian untuk memastikan keberadaannya. Lalu sebagai master dealer pulsa bagaimana Anda memperlakukan pelanggan?

Sebagai master dealer pulsa Anda bersama downline Anda berkewajiban untuk mengelola pelanggan Anda guna meningkatkan omset penjualan. Sangatlah lelah mengharapkan pembeli yang datang dan pergi silih berganti. Anda dan team tidak bisa mempredikasi bila ia akan kembali membeli. Tugas team adalah mempertahankan pelanggan dan membentuk pembeli baru menjadi pelanggan yang loyal. Bagaimana caranya? Berikut beberapa tips mengelola pelanggan sebagai berikut:

  • Menjadikan Pembeli Baru Sebagai Pelanggan
Setiap pembeli baru berpotensi menjadi pelanggan, hal ini perlu diupayakan dengan cara yang elegan. Layani pembeli dengan sopan dan wajar. Kesan pertama yang ditimbulkan akan terpatri di benaknya. Adakan pendekatan untuk mengetahui nama dan alamatnya. Catat dengan teliti, satu persatu dan susun dalam daftar.

  • Menghubungi Secara Berkala
Daftar pelanggan master dealer pulsa yang telah Anda miliki masukkan kedata base lalu dibagi berdasarkan klasifikasi individu, instansi, atau agen per wilayah dan kota yang berbeda, bila memang pelanggan kita ada yang di luar kota. Dengan dibagi wilayah memungkinkan kita dapat berkunjung secara offline secara sekaligus menyambangi beberapa pelanggan. Bisa menghemat biaya transportasi 

Secara berkala dihubungi  sesuai jadwal mereka bertransaksi, harian, mingguan atau bulanan. Sebagai team usaha master dealer pulsa akan mengetahui bila pelanggan ada yang absen untuk repeat membeli. Anda bisa mencari tahu apa penyebabnya.

  • Memberikan Reward bagi Pelanggan Setia
Bagi pelanggan setia bisa diberikan sesuatu yang akan membuat mereka tambah setia.Bisa berupa souvenir atau merchandise dengan logo atau nama usaha master dealer pulsa Anda.

Tips di atas adalah prioritas yang harus dilakukan pengusaha master dealer pulsa, tips lainnya akan diberikan dalam artikel berikutnya.

0 komentar:

Posting Komentar