Home » » Kecukupan Modal untuk Menjaga Kesediaan Stok Pulsa

Kecukupan Modal untuk Menjaga Kesediaan Stok Pulsa

Bagi orang yang berkecimpung dalam bisnis pulsa, menjaga kesediaan stok pulsa secara berkesinambungan adalah keharusan. Lalu bagaimana dalam perjalanannya stok Anda dalam posisi kritis sedangkan Anda belum memiliki dana untuk deposit. Anda perlu tambahan modal, kalau tidak ada dana tambahan usaha Anda akan terjegal menuju kemajuan.

Stok pulsa dalan usaha pulsa seperti darah dalam tubuh anda. Kekurangan darah akan mengganggu aktivitas sehari-hari. Badan akan lesu, semangat akan menurun tidak bergairah dan lamban. Seperti itu pula dalam usaha pulsa yang dijalankan. Lalu anda dihinggapi rasa pesimis, ujung-ujungnya tidak konsentrasi. Daripada malu akhirnya anda tutup dulu counter dan bergerilya mencari pinjaman.

Anda berada dalam posisi SOS, stok pulsa tidak boleh kurang apalagi habis. Mengapa hal ini bisa terjadi? Salah satunya tidak tertib administrasi. Kalau administrasi Anda rapi  Anda akan mengetahui tren perkembangan usaha Anda. Jika mungkin selama ini terganggu oleh biaya operasional yang besar, Anda harus berusaha memasang target penjualan yang sesuai. Jangan besar pasak daripada tiang.

Stok pulsa kurang, sama saja menggerus omset yang Anda targetkan. Otomatis keuntungan transaksi yang memang tidak besar makin menciut karena konsumenpun akan lari ke lain orang.Tapi sekarang posisi sudah terjepit. Anda sudah seperti orang yang kehausan di padang pasir. Harus menemukan oase atau berharap ada kabilah yang lewat dan bermurah hati memberi Anda air.

Bila dalam kondisi ini terjadi, usahakan tambahan modal berasal dari Anda sendiri. Dengan bantuan isteri misalnya menjual dulu perhiasan emasnya. Selisih jual beli emas hanya 5% tidak terlalu signifikan dibanding anda pinjam ke bank dengan menjaminkan rumah, atau lainnya. Apalagi bila anda terjebak pinjaman ke rentenir. Usaha untuk menambah stok pulsa Anda akan berganti menjadi usaha menambah stok bunga ke rentenir.

Kedua, pinjam ke saudara dekat Anda. Dengan saudara tentunya tidak akan memperhitungkan uang lebih atau bunga. Tapi ingat harus menjaga kepercayaan. Anda harus kuat perhitungan kapan anda bisa membayar hutang. Hindari berspekulasi nanti akan hilang kepercayaan dan selanjutnya usaha stok pulsa  akan terhambat di kemudian hari.

Ketiga, pinjam ke teman dekat, teman yang tahu karakter baik dan buruk Anda. Teman dekat apalagi yang sudah menjadi pengusaha sukses tidak segan menjadi dewa penyelamat. Dengan bantuannya stok pulsa akan kembali ke posisi aman. Tepati janji Anda dalam pembayaran. Bila jujur dan berkembang tak segan ia akan membantu mengembangkan usaha dengan memberi pinjaman modal kembali.

Pinjaman ke perbankan untuk deposit stok pulsa Anda adalah pilihan terakhir. Pinjaman bukan dana hibah. Ia mesti dibayar tepat waktu. Salah-salah anda stress dihantui debt Collector yang tak segan menjabel jaminan.

0 komentar:

Posting Komentar