Home » » Fungsi Modal dalam Usaha Master Dealer Pulsa

Fungsi Modal dalam Usaha Master Dealer Pulsa

Sudah dibahas sebelumnya untuk usaha master dealer pulsa diperlukan modal . Modal digunakan untuk deposit pulsa dan membeli segala kebutuhan yang dipergunakan untuk menjalankan usaha. Tempat, peralatan komputer, meja, kursi etalase dan sebagainya. Dari segi sumbernyapun sudah disinggung bisa berasal dari sendiri ataupun orang lain. Bila modal didapat dari pinjaman akan muncul di pembukuan rekening hutang misalkan hutang Tuan A.

Dalam persamaan Akuntansi harta adalah gabungan hutang dan modal. Jadi ingatlah selalu dalam administrasi harus dievaluasi persamaan tersebut, nilai hutang dan modal seiring waktu bisa berubah. Jika hutang tersebut suda dicicil ataupun serta merta dibayar lunas, maka pemilik modal sepenuhnya adalah Anda sebagai master dealer pulsa.

Dalam membuka usaha sebagai master dealer pulsa bisa saja semua  modal usaha adalah dana bergulir dari keluarga. Ataupun pinjaman lunak dengan bunga rendah. Hutang akan dibayar dibayar dengan jangka waktu, dengan cicilan dibayar per bulan. Dalam hal ini usaha harus benar-benar dikelola dengan baik. Bisa saja pinjaman itu berupa barang-barang inventaris atau pinjaman untuk dipakai daripada rusak menjadi rongsokan.

Kendatipun demikian Anda harus menyikapinya dengan bijak. Untuk kerapihan administrasi semua itu harus dibukukan dengan wajar. Bila saudara yang meminjamkan dengan batas waktu kapan saja  sampai usaha master dealer pulsa  lancar, ini suatu tanda harus benar-benar dimanfaatkan dengan optimal. Target harus dicanangkan berapa lama modal kembali dan . sudah bisa berdiri mandiri. Uang modal pinjaman segera dikembalikan.

Usaha master dealer pulsa Anda harus ditutup tiap akhir bulan, Anda harus bisa membuat laporan keuangan sederhana untuk mengetahui komposisi harta, hutang, dan modal. Lihatlah apakah nilai harta=hutang+modal. Bilang tidak sama pasti ada yang salah pada pembukuan.

Tidaklah keliru bila Anda mempunyai hutang untuk diputar melalui usaha master dealer pulsa. Yang penting hutang bisa dikelola dengan baik. Mengelola hutang berarti mengelola agar usaha bisa menghasilkan laba yang optimal. Laba yang cukup bisa menutupi biaya operasional dan mencicil kewajiban membayar hutang.

Perbankan untuk menjaga kondisi usahanya kontinyu senantiasa  memutarkan modal yang terhimpun dengan cara meminjamkan kepada debitur. Simbiosis antara kreditur dan debitur bila dijalani dengan lancar akan menguntungkan kedua belah pihak. Sebagai kreditur akan mempercayai kredibilitas usaha master dealer pulsa Anda. Sebagai Debitur Anda mempunyai kesempatan mengembangkan usaha menjadi lebih besar.

Itulah seninya mengelola hutang. Hutang bisa menjadi modal segar untuk memacu usaha berjalan lancar. Tinggal Anda memutar roda usaha master dealer pulsa dengan baik. Memasang target penjualan untuk mencetak laba yang cukup, untuk menutupi biaya operasional dan bisa menyisihkan untuk mencicil hutang  adalah keniscayaan agar hutang anda dapat terbayar. 

0 komentar:

Posting Komentar