Home » » Mengelola Kas guna Menjaga Kecukupan Stok Pulsa

Mengelola Kas guna Menjaga Kecukupan Stok Pulsa

Dimanapun di dunia ini dalam usaha dibutuhkan modal baik itu berupa materi, tenaga atau niat yang kuat. Bisa berasal dari diri sendiri maupun bantuan dari orang lain.  Materi, tenaga dan niat yang kuat adalah kombinasi yang ideal untuk menjalankan usaha, terutama usaha yang berwujud, ada, tempat , barang yang dijual, ada orang yang mengelola. Seperti juga dalam berjualan pulsa stok pulsa adalah komoditi yang dijual.

Agar kontinyuitas usaha terjaga stok pulsapun harus dijaga  senantiasa dalam posisi yang aman. Untuk menjaganya tentu dibutuhkan backup dana yang cukup. Oleh karena itu pengelolaan uang kas perlu ditangani dengan baik. Harus dibuat pencatatan dengan tertib dan detail. Tidak boleh sedikitpun ada transaksi yang terlewat.

Pada awal usaha dana segar berupa uang untuk deposit biasanya sudah kita cadangkan. Setelah berinvestasi berupa perlengkapan usaha, hardware dan software pulsa, dana akan tersisa berupa uang kas di tangan maupun yang disimpan berupa tabungan dan deposito. Tidak perlu semua dana ini kita gunakan buat usaha. Cukup sesuaikan dengan anggaran yang telah kita tuangkan dalam analisa kelayakan usaha. Uang kas dicadangkan untuk membeli stok pulsa, cadangan, dan untuk beban operasional.

Dari modal awal ini harus bisa diputar jangan sampai defisit dan membuat kita harus menambah modal. Untuk itu harus berusaha meraih pelanggan sebanyak-banyaknya dengan berbagai cara yang elegan. Memasang spanduk, baliho, poster, membuat website adalah cara untuk mempromosikan usaha. Dengan mempunyai banyak pelanggan, pemasukan uang dapat meningkat dan diputar kembali untuk deposit stok pulsa.

Hal-hal yang membuat kesediaan kas dalam kondisi “short Cash” antara lain:
  1. Analisa usaha yang dibuat kurang up to date, ini karena tidak detail melakukan survey mengenai harga sewa tempat (kalau menyewa). Harga pulsa harus bisa terpantau pergerakannya agar bisa menentukan stok pulsa yang akan disediakan.
  2. Biaya operasional cenderung meningkat dan kurang kontrol, harus diperhatikan mengenai harga BBM, Listrik , biaya transportasi dan fluktuasi mata uang asing terutama dollar.
Sebenarnya banyak analisa usaha yang disuguhkan oleh para pelaku usaha pulsa di laman web. Tinggal mengoreksi dan menyesuaikan dengan kondisi sekarang agar up to date. Berapa dana yang seharusnya diperlukan untuk membeli asset dan deposit stok pulsa akan diketahui dengan lebih akurat.

Uang bukan segalanya, itu hanya salah satu faktor dalam berbisnis. Cara pengelolaan yang baiklah yang dapat mendukung kelancaran usaha. Dengan pengelolaan yang baik setiap masalah akan mudah dianalisa dan dicari solusinya. Dengan demikian kesediaan stok pulsa pun bisa terjaga bila pengelolaan kas telah dilaksanakan dengan seksama. Jadi bila uang kas yang tersedia cukup fleksibel, jangan dibiarkan menjadi unuseable.

0 komentar:

Posting Komentar