Home » » Stok Pulsa Menentukan Laba

Stok Pulsa Menentukan Laba

Berbicara mengenai stok selalu diindentikan dengan barang. Baik berupa bahan baku, barang dalam proses maupun barang jadi, Dalam ilmu akuntansi stok digolongkan dalam harta tetap. Karena stok memegang peranan penting dalam usaha stok mendapat perlakuan khusus.Baik secara fisik maupun secara administrasi. Salah memperlakukan stok bisa berakibat fatal dan berdampak pada kerugian.

Stok yang tinggi tetapi lambat keluar akan menimbulkan kerugian karena menanggung beban penyusutan. Stok yang tersimpan lama akan mendekati kadaluarsa, dan akhirnya akan menjadi bad stok yang tidak bisa dimanfaatkan sama sekali. Kerugian yang ditimbulkannya menjadi berlipat ganda. Beban bunga, beban penyusutan dan biaya pengangkutan untuk proses pembuangan dan penghancurannya. Belum pencemaran yang ditimbulkannya berdampak buruk pada lingkungan.

Lalu bagaimana dengan stok pulsa? Stok pulsa bagi seorang penjual pulsa adalah stok barang dagangan. Tapi stok ini tidak berwujud fisik, tapi dalam wujud semacam deposit. Secara mudahnya laba diperoleh dihitung dengan mengurangkan hasil penjualan dikurangi harga pembelian. Jadi untuk menghitung laba secara akurat harga pembelian stok pulsa mesti dikontrol.Setiap ada perubahan harga mesti diantisipasi.

Lalu bagaimana bila perubahan harga tidak terkontrol? Bila ini terjadi akan terjadi selisih ketika merekap hasil penjualan. Karena harga telah diset sesuai harga yang kita ketahui sebelumnya. Tidak ada pemberitahuan untuk up date harga dari server.Maka pada akhir periode harus dibuat rekonsiliasi.

Untuk kerapihan administrasi maka setiap transaksi di back up dengan pencatatan manual baik di komputer atau di buku catatan. Hal ini penting untuk memudahkan saat pembukuan diaudit.Data pada laporan keluar masuk pulsa pada telepon di bandingkan dengan catatan manual secara harian. Disamping untuk kontrol juga sebagai evaluasi sejauh mana perkembangan penjualan pulsa.

Dengan perbandingan data dapat dihasilkan suatu laporan berupa trend penjualan.Dari laporan ini dapat dibuatkan target selling out yang diharapkan. Budget belanja dan pengeluaran. Target ditentukan untuk mengejar omset yang diharapkan guna menutupi pengeluaran dan menyiapkan keuntungan. Agar perhitungan keuntungan bisa akurat pencatatan dan update harga stok pulsa mesti terpantau.

Pencatatan transaksi adalah suatu keharusan walaupun dalam volume penjualan yang masih sedikit. Pencatatan lengkap sangat berguna bila usaha berkembang dan ada investor yang tertarik menanam modal. Dengan mudah kita bisa mempresentasikan bagaimana usaha dikembangkan. Di rintis dari suatu keseriusan tekad dan berkembang melalui proses perjuangan,

Stok pulsa sebagai barang vital, primadona penjualan haruslah dijaga kontinyuitas ketersediaannya. Kontinyuitas ketersediaan stok ini akan mempengaruhi maju mundurnya usaha. Akan mempengaruhi loyalitas konsumen yang menjadi pelanggan. Dan tentu saja ketersediaan stok akan menentukan laba.

0 komentar:

Posting Komentar