Home » » Waspadai Risiko Sistem Pembayaran System PayLater

Waspadai Risiko Sistem Pembayaran System PayLater

Saat ini, sistem pembayaran PayLater mulai kian digandrungi karena dinilai sangat memudahkan bagi para konsumen. bahkan, berbagai perusahaan aplikasi besar pun beramai-ramai mempromosikan kemudahan fasilitas belanja sekarang bayar nanti untuk berbagai kebutuhan mulai dari pembelian makanan, traveling, dan lainnya.

meskipun tampak memudahkan konsumen, Anda sebaiknya juga bisa bersikap waspada. Pahami apa saja risiko sistem pembayaran PayLater tersebut supaya Anda tak perlu mendapatkan masalah finansial.

Inilah Risiko Sistem Pembayaran PayLater

Sebagai info, PayLater merupakan metode pembayaran dengan sistem yang hampir sama dengan kartu kredit. Perusahaan dengan layanan PayLater akan membayar tanggungan Anda terlebih dahulu dan nantinya Anda diwajibkan membayar tagihan dengan cara menyicil dalam masa periode tertentu.

Pastinya, adanya sistem pembayaran PayLater ini akan memudahkan para konsumen saat berbelanja mulai dari belanja gadget, bayar tiket transportasi, atau lainnya. Pembayarannya bisa dicicil setiap bulan sesuai dengan besaran dan periode yang diambil.

Meski terlihat memudahkan bagi konsumen, bila tak berhati-hati risiko terkena lilitan utang akan menanti. Inilah mengapa supaya Anda tak sampai terjerat utang yang bisa mengacaukan keuangan Anda, hendaknya pahami beberapa risiko sistem pembayaran PayLater ini.

1. Perilaku Konsumtif Berlebihan

Dengan adanya kemudahan sistem pembayaran belakangan, ini bisa mendorong seseorang ingin belanja secara berlebih bahkan kepada berbagai barang yang mungkin tak diperlukan. Perlu diingat, para pemilik bisnis dan pelaku usaha pastinya memiliki strategi pemasaran dan promo untuk bisa membuat produk-produknya laris melalui layanan pembayaran PayLater ini.

2. Terganggunya Pengaturan Keuangan 

Risiko lain yang siap menanti dengan adanya pembayaran PayLater adalah terganggunya pengaturan keuangan pribadi Anda. Mudahnya melakukan pembelian dengan sistem pembayaran belakangan dari berbagai aplikasi pastinya meningkatkan besarnya cicilan yang harus dibayar nantinya.

Sejumlah dana yang Anda sisihkan untuk membayar tagihan PayLater tersebut bisa saja digunakan untuk berbagai keperluan tak terduga. Hal ini pastinya meningkatkan risiko tidak mampu membayar tagihan.

3. Biaya yang Tak Disadari

Memilih sistem pembayaran yang mudah dan praktis memang bukanlah hal yangs alah. Hanya saja, banyak orang seringkali tidak memahami bahwa ketika mereka menggunakan fasilitas pembayaran PayLater maka ada berbagai biaya yang langsung aktif mulai dari biaya cicilan, biaya subscription, ataupun biaya-biaya lainnya yang berbeda di tiap aplikasinya. Biaya-biaya yang tak disadari ini bisa memberatkan ketika jatuh tempo penagihan tiba.

4. Peretasan Identitas

Risiko lain yang mungkin terjadi dengan adanya sistem pembayaran PayLater adalah bahaya peretasan identitas. Meskipun masing-masing aplikasi biasanya sudah dilengkapi dengan sistem keamanan tingkat tinggi, hanya saja para kriminal siber pun pastinya akan mencari cara untuk bisa melakukan sejumlah aksi untuk mendapatkan keuntungan. Salah satunya dengan meretas database di akun-akun transaksi pengguna. 

Itulah beberapa risiko yang mungkin saja terjadi dengan adanya sistem pembayaran PayLater. Meski demikian, sistem pembayaran ini sebenarnya bisa sangat memudahkan dan memberikan kenyamanan bagi masyarakat dalam berbelanja. Tentunya, butuh sikap bijak dan waspada supaya beberapa risiko yang mungkin terjadi bisa dihindari.

0 komentar:

Posting Komentar


Mau Usaha Pulsa Untung Besar

Promo Daftar Master Dealer Pulsa & Aplikasi Roket Pulsa

Free Konsultasi ( Silahkan Tanyakan Langsung ke Whatsapp Kami )