Home » » 5 Penyebab Bisnis Pulsa Bisa Gulung Tikar

5 Penyebab Bisnis Pulsa Bisa Gulung Tikar

Bisnis pulsa dikatakan sebagai salah satu jenis bisnis yang mudah dan juga murah, namun kenapa beberapa pelakunya harus gulung tikar? Jadi, semudah apapun sebuah bisnis tetap akan ada resiko gagal dalam mengelolanya. Hal ini berlaku pula untuk bisnis pulsa, dan kamu yang berencana merintisnya wajib tahu penyebab kegagalannya apa saja. 

Penyebab Bisnis Pulsa Bisa Gagal 

Bisnis pulsa rentan gagal jika Anda melakukan sejumlah kesalahan, termasuk beberapa kesalahan kecil. Berikut adalah detail penyebab kegagalan dari bisnis sejuta umat ini: 

1. Manajemen Keuangan Kurang Rapi 

Penyebab pertama sebuah bisnis pulsa bisa gagal adalah manajemen keuangan yang buruk atau kurang rapi. Bisnis pulsa pada dasarnya adalah bisnis sederhana, hanya saja saking sederhananya banyak pelaku bisnis ini menyepelekan masalah manajemen keuangan. 

Sehingga mencampur uang pribadi dengan uang bisnis pulsa, belum lai dengan tidak pernah menyusun laporan keuangan meskipun hanya berupa detail pemasukan dan pengeluaran. Padahal manajemen keuangan bisnis yang baik bisa mendukung kesuksesannya, karena kondisi keuangan termonitor dengan baik. 

2. Menyepelekan Masalah Hutang dan Piutang

Bisnis pulsa rentan gagal ketika ada banyak pelanggan yang berhutang, sehingga modal tidak dapat berputar. Oleh sebab itu jangan menyepelekan masalah hutang piutang. Usahakan tidak menerima pembelian dengan sistem hutang, sehingga modal berputar dengan baik dan Anda bisa mengelolanya dengan mudah. 

3. Memilih Partner Bisnis yang Salah 

Bisnis pulsa bukanlah bisnis yang bisa dilakukan sendiri, minimal Anda bekerjasama dengan distributor pulsa terpercaya. Hanya saja asal-asalan dalam memilih partner bisnis bisa menjadi petaka yakni muncul resiko gagal. 

Sebab ada kemungkinan distributor ini nakal sehingga menjual dengan harga terlalu tinggi atau melakukan permainan kotor lainnya. Oleh sebab itu penting sekali untuk memilih partner bisnis yang tepat, yakni yang berpengalaman dan juga yang terpercaya. 

4. Ambisius dalam Mengambil Keuntungan

Bisnis pulsa dikenal memiliki keuntungan recehan atau kecil, sebab per transaksi keuntungannya antara Rp 1 ribu sampai Rp 1.5 ribu saja. Hal inilah yang  membuat beberapa pelaku bisnisnya memilih menjual dengan harga lebih tinggi. 

Namun langkah ini termasuk tindakan bunuh diri karena pesaing banyak, dan pembeli dijamin kabur ke lapak pesaing. Tanpa pemasukan, dijamin bisnis ini lebih baik gulung tikar. 

5. Terlalu Pelit 

Menjadi pebisnis sebaiknya belajar untuk menjadi pribadi yang dermawan, setiap keuntungan yang didapat bisa disisakan sedikit untuk dipakai beramal. Misalnya dipakai sedekah, infak, membayar zakat penghasilan, dan lain sebagainya. 

Sebab dengan memakai uang usaha untuk hal-hal yang sifatnya dermawan, maka bisa membuka pintu rezeki yang lebih besar. Oleh sebab itu jangan menjadi pebisnis pulsa yang pelit dan perhitungan jika ingin sukses. 

Sukses berbisnis pulsa adalah hal yang sangat mungkin untuk dialami, selama menghindari 5 penyebab kegagalan di atas. Jadi, silahkan ditekuni dengan benar dan teliti agar tidak mudah gulung tikar.

0 komentar:

Posting Komentar


Mau Usaha Pulsa Untung Besar

Promo Daftar Master Dealer Pulsa & Aplikasi Roket Pulsa

Free Konsultasi ( Silahkan Tanyakan Langsung ke Whatsapp Kami )