Home » » Beberapa Hal Terkait dengan UMKM yang Perlu Diketahui

Beberapa Hal Terkait dengan UMKM yang Perlu Diketahui

Ketika membahas bisnis maka istilah yang akan muncul di kepala adalah UMKM. Hal ini dikarenakan bisnis UMKM adalah bisnis yang sangat dekat dengan masyarakat menengah ke bawah.

UMKM juga termasuk hal yang sangat penting karena berkat adanya UMKM, perekonomian negara Indonesia semakin tergerak untuk maju.

UMKM membuat daya beli masyarakat menjadi semakin meningkat. Dan kehadiran UMKM juga mengurangi angka pengangguran di berbagai wilayah Indonesia.

UMKM sendiri merupakan singkatan dari Usaha Mikro Kecil dan Menengah. Aset maksimal yang harus dimiliki UMKM adalah 50 juta rupiah dengan omset maksimal sebesar 300 juta rupiah.

Beberapa Hal Terkait UMKM yang Harus Anda Tahu

Sebelum menjalankan bisnis UMKM, ada baiknya Anda mengenal UMKM lebih dalam. Karena banyak hal terkait dengan UMKM yang akan membuat pengetahuan Anda semakin bertambah.

Kriteria UMKM

Tidak hanya dilihat dari besarnya aset dan omzet, ada beberapa kriteria dari sebuah usaha bisa dikatakan sebagai usaha UMKM. 

  • Usaha mikro termasuk UMKM meskipun pemiliknya adalah perseorangan ataupun badan usaha. Usaha ini biasanya memiliki kekayaan bersih tidak lebih dari 50 juta rupiah dengan omzet paling sedikit 300 juta rupiah.
  • Ada juga usaha kecil dimana biasanya usaha kecil memiliki aset 50 juta dan tidak termasuk dengan tempat untuk mendirikan usahanya. Usaha kecil ini juga memiliki hasil penjualan dengan kisaran antara 300 juta sampai 2,5 miliar rupiah. 
  • Terakhir usaha menengah karena usaha ini termasuk ke dalam kriteria UMKM. Usaha menengah memiliki aste 500 juta sampai 10 miliar rupiah. Sementara untuk omzetnya berada pada kisaran 2,5 miliar sampai dengan 50 miliar rupiah.

Ciri-ciri UMKM

Anda juga harus tahu jika usaha UMKM memiliki ciri-cirinya. Jadi Anda dapat membedakan mana UMKM dan mana usaha yang besar.

  • Biasanya UMKM memiliki tempat usaha yang dapat berpindah jadi tidak di satu tempat saja.
  • Jenis produk atau jasa yang dijual juga dapat berubah karena tidak ada aturan yang ketat untuk hal ini.
  • Memiliki laporan keuangan yang sederhana. Bahkan terkadang banyak pemilik bisnis UMKM yang masih mencampurkan uang pribadinya dengan uang perusahaan.
  • Masih banyak UMKM yang belum mengantongi legalitas usaha.
  • Tidak ada sistem yang sistematis dalam mengatur SDM untuk badan usaha yang dimiliki.

Keunggulan Bisnis UMKM

Ada banyak sekali keunggulan yang dimiliki oleh bisnis UMKM ketikmbang usaha yang skalanya lebih besar. Anda yang menjalankan UMKM akan lebih cepat melakukan inovasi dengan cara baru yang unik. Sistem operasional yang dijalankan juga tidak rumit seperti pada perusahaan yang besar.

Selain itu, UMM juga akan membuat Anda jadi lebih fokus pada hasil produksi dan berkreasi sesuai keinginan Anda selaku pemilik usaha. Jadi Anda tidak akan bergantung pada permintaan pasar yang ada. 

Setelah mengetahui kriteria, ciri-ciri dan keunggulan dari bisnis UMKM artinya Anda sudah memiliki ilmu yang cukup untuk memulai usaha ini. Anda yang ingin menjalankan usaha ini juga harus fokus terhadap usaha yang dijalankan supaya usaha tersebut tidak hanya dapat dimulai tapi juga berjalan dengan lancar.

0 komentar:

Posting Komentar


Mau Usaha Pulsa Untung Besar

Promo Daftar Master Dealer Pulsa & Aplikasi Roket Pulsa

Free Konsultasi ( Silahkan Tanyakan Langsung ke Whatsapp Kami )