Home » » Mengenal Perusahaan Startup di Level Hectocorn

Mengenal Perusahaan Startup di Level Hectocorn

Dalam dunia bisnis memang terlihat semakin banyak perusahaan baru bermunculan. Beberapa tampil unik dengan produk baru dan inovatif, namun beberapa lagi tampil dengan produk serupa namun dibalut dengan ciri khas. Persaingan antara pelaku bisnis pun terlihat semakin ketat yang kemudian menciptakan beberapa tingkatan. Misalnya unicorn, hectocorn, dan sebagainya.

Apa Itu Hectocorn?

Di dalam tingkatan perusahaan baru atau startup dikenal istilah hectocorn dan istilah lainnya, seperti unicorn maupun decacorn. Namun tidak ada salahnya untuk memberikan perhatian lebih pada tingkat hectocorn. Hectocorn sendiri merupakan penyebutan untuk perusahaan startup yang mampu memiliki nilai valuasi mencapai 100 juta Dollar. 

Nilai valuasi ini terbilang tinggi jika dibandingkan dengan beberapa tingkatan di bawahnya. Sebut saja seperti unicorn yang merujuk pada perusahaan startup bernilai valuasi 1 juta Dollar. Sedangkan tingkat di atasnya ada decacorn yang ditujukan untuk perusahaan startup bernilai evaluasi mencapai 10 juta Dollar. 

Beberapa perusahaan di Indonesia masuk ke dalam kategori unicorn dan memang merupakan perusahaan baru. Sebut saja seperti Gojek, Tokopedia, Bukalapak, dan sebagainya. Umur dari perusahaan unicorn ini memang masih beberapa tahun, dan semakin lama umurnya maka semakin mungkin untuk naik ke level berikutnya. 

Tidak tertutup kemungkinan untuk berkembang menjadi hectocorn yang nilai valuasinya mencapai 10 kali lipat diatas decacorn. Kondisi ini bisa dicapai oleh perusahaan yang sudah berumur bertahun-tahun dan mendapatkan suntikan dana besar dari berbagai pihak. Semakin banyak pemilik sahamnya maka semakin memperbesar peluang menjadi hectocorn. 

Jenis Perusahaan Hectocorn di Dunia

Perlu diakui bahwa untuk sampai di tingkatan hectocorn memang tidak mudah, bahkan masih segelintir perusahaan yang bisa mencapainya. Diantaranya adalah: 

  • Google, merupakan perusahaan yang berfokus pada teknologi internet lewat layanan mesin pencari. Dirintis oleh Larry Page dan Sergey Brin pada tahun 1998 di Amerika Serikat dan semakin besar hingga sekarang.
  • Apple, semua orang tentu tahu perusahaan Apple yang sukses membuat perangkat elektronik kelas atas. Perusahaan ini didirikan oleh Steve Jobs, Steve Wozniak, dan juga Ronald Wayne. Tahun berdirinya sendiri di 1976 di Amerika Serikat dan sukses besar hingga sekarang. 
  • Microsoft, merupakan perusahaan yang menyediakan sistem operasi dan perangkat hardware terkemuka. Pertama kali berdiri pada tahun 1975 di Amerika Serikat dan didirikan oleh Bill Gates dan Paul Allen. 
  • Facebook, merupakan perusahaan media sosial populer di dunia dan berdiri di tahun 2004 lalu. Pendirinya adalah Mark Zuckerberg, Andrew McCollum, Chris Hughes, Eduardo Saverin, dan Dustin Moskovitz.
Menjadi perusahaan hectocorn memang tidak bisa dilakukan secara instan, butuh proses dan mampu sukses dengan produk atau jasa yang dihadirkan. Sehingga tidak sulit untuk mendapatkan kucuran dana dari pihak luar.

0 komentar:

Posting Komentar


Mau Usaha Pulsa Untung Besar

Promo Daftar Master Dealer Pulsa & Aplikasi Roket Pulsa

Free Konsultasi ( Silahkan Tanyakan Langsung ke Whatsapp Kami )