Home » » Syarat Bepergian Ke Luar Kota di Era New Normal

Syarat Bepergian Ke Luar Kota di Era New Normal

New normal merupakan suatu tahapan kehidupan baru yang harus dilalui dalam masa pandemi covid-19. Pada tahapan kehidupan baru ini kita diharapkan mampu untuk beradaptasi dengan baik dan segera beraktivitas seperti sedia kala. Namun tentu saja kehidupan new normal ini memiliki sejumlah aturan yang harus ditaati, termasuk ketika ingin bepergian ke luar kota. Berikut ini akan dibagikan sejumlah persyaratan yang harus dipenuhi ketika ingin bepergian ke luar kota pada masa new normal. 

Syarat Bepergian Ke Luar Kota di Era New Normal

4 Syarat Utama Bepergian Ke Luar Kota di Era New Normal

Berlakunya new normal tentu disambut bahagia oleh masyarakat, sebab dengan hal itu mereka dapat kembali beraktivitas terutama untuk mencari nafkah. Di antara bentuk sukacita itu, maka tidak sedikit yang telah merencanakan perjalanan ke luar kota. Maklum saja selama masa pandemi kita harus tetap berada di rumah saja, sehingga hal itu memang menimbulkan kejenuhan. Apakah Anda juga memiliki niatan yang sama? Jika iya, coba perhatikan dulu beberapa persyaratan berikut ini.

1. Bertanggung Jawab Atas Kesehatan Diri Sendiri

Syarat pertama adalah Anda harus bertanggung jawab atas kesehatan diri sendiri. Mengingat perjalanan akan dilakukan dengan potensi pandemi covid-19, maka sudah pasti menjaga kesehatan adalah hal penting yang harus dilakukan. Tentunya hal ini pun dilakukan dengan cara mentaati aturan protokol kesehatan yang telah ditetapkan. 

2. Mentaati Aturan Menggunakan Kendaraan Umum

Apabila nantinya perjalanan ke luar kota dilakukan menggunakan kendaraan umum, maka Anda harus melakukan beberapa hal berikut ini.
  • Menunjukan kartu identitas diri yang dimiliki kepada petugas
  • Menunjukkan surat hasil tes PCR atau hasil rapid tes yang menjelaskan bahwa Anda berstatus negatif covid-19.
  • Jika daerah Anda tidak memiliki fasilitas untuk melakukan tes PCR maupun rapid tes, maka Anda harus membawa surat keterangan dari RS atau Puskesmas yang menjelaskan bahwa Anda negatif gejala covid-19.

3. Pengecualian Persyaratan

Hal penting lainnya terkait persyaratan ini adalah adanya pengecualian. Hal ini ditujukan bagi masyarakat yang melakukan perjalanan di dalam wilayah atau kawasan aglomerasi.

4. Mengunduh Aplikasi Mobile Peduli Lindungi

Syarat selanjutnya yang juga harus diperhatikan adalah setiap orang yang akan melakukan perjalanan ke luar kota dalam era new normal, maka harus mengunduh aplikasi mobile. Aplikasi tersebut bernama Peduli Lindungi yang dapat diunduh melalui smartphone.

Seluruh persyaratan yang telah dijelaskan tadi dimuat secara resmi adalah Surat Edaran Gugus Tugas Percepatan Penanganan Kasus Covid-19 pada nomor 7 tahun 2020. Apakah Anda telah yakin untuk memulai perjalan ke luar kota? Pastikan bahwa Anda benar-benar mempersiapkan diri dengan baik dan mematuhi semua peraturan yang telah diberlakukan selama era new normal tersebut.

0 komentar:

Posting Komentar